1.000 Banser Kawal Perayaan Natal di Jakarta

1.000 Banser Kawal Perayaan Natal di Jakarta
Anggota Banser NU (Foto: gp-ansor.org)
/ FER Senin, 24 Desember 2012 | 15:06 WIB
Banser NU menyebutkan sekitar 1.000-1.500 (personel) mengawal berbagai gereja di Jakarta.

Menyangkut pengamanan ibadah Natal, sejumlah organisasi masyarakat telah menegaskan ikut ambil bagian dalam pengamanan Natal. Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU misalnya, menyatakan menurunkan sekitar 1.000-1.500 anggota untuk mengawal jalannya ibadah Natal di Jakarta.

"Sementara ini, dari Banser NU sudah lapor ke kita. Jumlahnya sekitar 1.000 sampai 1.500 (personel), dibagi-bagi di berbagai gereja di Jakarta," kata Juru Bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Pol) Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Senin (24/12).

Rikwanto menjelaskan, ormas yang sudah diketahui ikut membantu baru dari Banser dan ormas setempat. Dia menambahkan, semua yang terlibat pengamanan gereja berada di bawah komando kepolisian.

“Siapa komandan di sana, akan mengakses dan mengakomodasi apa yang akan mereka lakukan dalam hal pengamanan. Jadi, di bawah kendali serta koordinasi polisi, baik tugas dan penempatannya," tandasnya

Sebagaimana diketahui,  menjelang Ibadah Natal  Polda Metro Jaya memastikan bahwa ibadah serta perayaan Natal 2012 diperkirakan berlangsung aman dan kondusif. Terhadap sejumlah gereja besar sudah dilakukan sterilisasi dan belum ada laporan terkait ancaman teror.

"Kami harus bisa menjamin Natal berjalan aman. Situasi Jakarta pada saat ini masih kondusif. Permasalahan yang ada hanya banjir saja. Beberapa titik, karena hujan lebat, mengalami banjir," ujarnya.