Logo BeritaSatu

Tjahjo Kumolo: Pelayanan Publik Harus Tetap Berjalan

Senin, 9 Mei 2022 | 17:47 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meminta pelayanan publik harus tetap berjalan, meski aparatur sipil negara (ASN) melaksanakan work from home atau bekerja dari rumah. Tjahjo mendorong pejabat pembina kepegawaian (PPK) mengatur pelaksanaan WFH di instansinya sesuai karakteristik instansi masing-masing.

Dengan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), memungkinkan ASN bekerja fleksibel, tanpa batas ruang, dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Khususnya yang menyangkut pelayanan publik seperti pelayanan dukcapil, SIM, dan perizinan tetap harus siap melayani masyarakat. Ketentuannya diserahkan pada masing-masing PPK,” ujar Tjahjo saat apel virtual di Kementerian PANRB, Senin (9/5/2022).

Menurut Tjahjo Kumolo, implementasi SPBE semakin diperkuat dengan optimalisasi teknologi digital saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. SPBE merupakan akselerasi transformasi digital dalam mendukung birokrasi digital, guna mewujudkan pemerintahan yang efektif, agile, dan kolaboratif.

“Implementasi SPBE dapat dirasakan masyarakat salah satunya pada mal pelayanan publik atau MPP yang merupakan tempat berbagai jenis pelayanan yang digabungkan dalam satu tempat,” kata Tjahjo Kumolo.

Pelaksanaan WFH bagi ASN merupakan tindak lanjut saran dari Kapolri agar pegawai dapat berkerja dari rumah selama satu minggu setelah puncak arus balik Hari Raya Idulfitri pada 8 Mei 2022. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengurai kemacetan, karena lonjakan pergerakan kendaraan dan kepadatan lalu lintas.

Selain untuk mendukung kelancaran arus balik mudik lebaran, menurut Tjahjo, sistem bekerja dari rumah juga dapat dijadikan kesempatan untuk isolasi mandiri setelah kembali dari kampung halaman. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

“Harapannya, kebijakan WFH ini dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan kasus Covid-19,” ujar Tjahjo Kumolo.

Pada dasarnya karena masih pandemi, sistem WFH dan work from home (WFO) atau bekerja dari kantor ini diatur sesuai wilayah yang termaktub dalam Inmendagri dan berdasarkan SE Menteri PANRB Nomor 6/2022.

Merujuk pada SE Menteri PANRB tersebut, pembagian WFH/WFO dilakukan oleh seluruh instansi baik pusat dan daerah. Tentu kebijakan ini juga melihat kondisi setiap daerah yang memiliki karakteristik yang berbeda.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pencarian Anak Ridwan Kamil, Suhu Air Sungai 16 Derajat Celsius

Dubes RI untuk Swiss menyatakan, kondisi suhu air di Sungai Aare, mencapai 16 derajat celsius terkait pencarian Emmeril Kahn Mumtadz.

NEWS | 28 Mei 2022

Media Asing Ternama Soroti Kasus Hilangnya Anak Ridwan Kamil

Media asing ternama di dunia menyoroti kasus hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz saat berenang di Sungai Aare, Swiss.

NEWS | 28 Mei 2022

Gagalkan Upaya AS, Tiongkok dan Rusia Veto Sanksi ke Korut

Tiongkok dan Rusia menggunakan hak veto mereka untuk menggagalkan upaya AS agar PBB menjatuhkan serangkaian sanksi terhadap Korut.

NEWS | 28 Mei 2022

Rusia Pertimbangkan Kripto untuk Pembayaran Internasional

Rusia sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan mata uang kripto digunakan untuk pembayaran internasional. Diskusi telah berlangsung berbulan-bulan.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Ungkap Pembalakan Liar, Kombes Kurniadi Raih Presisi Award

Penanganan perkara lingkungan seperti pembalakan liar atau illegal logging saat ini menjadi tantangan terbesar aparat penegak hukum.

NEWS | 28 Mei 2022

Pasien Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran Tetap 19 Orang

Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, pada Sabtu (28/5/2022) tidak bertambah atau berkurang tetap 19 orang.

NEWS | 28 Mei 2022

Bima Arya: Guru Bangsa Toleran Seperti Buya Syafii Maarif Sulit Ditemukan

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan guru bangsa yang tidak umbar kebencian seperti Buya Syafii Maarif sulit ditemukan.

NEWS | 28 Mei 2022

Relasi Bogor-Tanah Abang Dihapus, KRL Mania: Ribet!

Hari pertama pemberlakuan perubahan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor-Jakarta, Sabtu (28/5/2022) diwarnai kebingungan para penumpang.

NEWS | 28 Mei 2022

Rachmat Gobel: Buya Syafii Maarif Pejuang Pluralisme

Meninggalnya Buya Ahmad Syafii Maarif membuat Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel sangat kehilangan sosok negarawan pejuang pluralisme.

NEWS | 28 Mei 2022

Polisi Tembak Mati Pria Bersenjata di Toronto, Kanada

Polisi di kota terbesar Kanada Toronto pada menembak mati seorang pria bersenjata senapan.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pencarian Anak Ridwan Kamil, Suhu Air Sungai 16 Derajat Celsius

Pencarian Anak Ridwan Kamil, Suhu Air Sungai 16 Derajat Celsius

NEWS | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings