Gencarkan Promosi, Menpora Harap Pencak Silat Masuk Olimpiade

Gencarkan Promosi, Menpora Harap Pencak Silat Masuk Olimpiade
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bersama Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir, di Graha Pemuda, Jakarta, Selasa 4 Februari 2020. ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Selasa, 4 Februari 2020 | 18:20 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap pencak silat dapat masuk olimpiade.

Agar seni bela diri Indonesia ini dapat tampil di perhelatan olahraga terbesar di dunia, Zainudin mendukung ditingkatkannya promosi di kancah internasional. Salah satunya adalah melalui penyelenggaraan event-event di luar negeri dengan olahraga pencak silat.

Hal ini diungkapkan dalam pertemuannya dengan Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir.

"Kami mendukung setiap event olahraga di luar negeri sebagai bagian promosi karena kami sadar upaya-upaya untuk memperkenalkan Indonesia itu luar biasa. Kami berharap, selain di Tokyo, di Olimpiade Paris 2024, pencak silat setidaknya masuk eksibisi," ujar Menpora di Graha Pemuda, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Menanggapi hal ini, Arrmanatha menyatakan masih banyak orang asing yang belum tahu banyak tentang Indonesia.

"Saya prihatin Pak Menteri, saat saya menjelaskan Indonesia masih banyak yang bertanya, bahkan lebih tahu tentang Bali yang mereka tahu bahwa itu bagian Indonesia," ujar Dubes Prancis merangkap Andora, Monako, dan UNESCO.

Pertemuan ini turut membahas ajakan kerja sama oleh Prancis dalam bidang pelatihan khususnya bulu tangkis dan pencak silat.

Adapun ketertarikan Prancis terhadap bulu tangkis dikarenakan olahraga ini sudah "melegenda" di Indonesia. Sebab, antusiasme masyarakat sangat tinggi dan Indonesia telah mencetak banyak pemain bulu tangkis yang handal.

Sedangkan untuk pencak silat, olahraga yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO ini asli dari Indonesia.

"Untuk dua cabor ini, kita siap memberikan dukungan karena secara fasilitas, keduanya lengkap dan memadai. Sebaiknya, silakan dari Prancis dapat datang ke Indonesia. Untuk menarik kerja sama dan dukungan - khususnya pencak silat - sedang dipersiapkan video promosi menuju Olimpiade. [Nantinya, video ini] akan dikirim ke seluruh kedubes," pungkas Menpora.

 



Sumber: PR