Menpora: Cabor Bulu Tangkis Tidak Pernah Kehabisan Atlet

Menpora: Cabor Bulu Tangkis Tidak Pernah Kehabisan Atlet
Kunjungan Menpora Zainudin Amali ke pelatnas bulu tangkis di Cipayung, Jakarta, Kamis 6 Februari 2020. ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 6 Februari 2020 | 21:06 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - Berbagai kejuaraan olahraga khususnya untuk cabang olahraga (cabor) bulu tangkis sudah semakin berada di depan mata. Di antaranya adalah Olimpiade Tokyo 2020 dan Kejuaraan Bergu Asia 2020.

Dalam memastikan persiapannya berjalan lancar, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melakukan kunjungan ke Pelatnas Bulu Tangkis Persatuan Bulu Tangkis se-Indonesia (PBSI) di Cipayung, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Ketika berkunjung, atlet-atlet pelatnas PBSI tersebut tengah berlatih untuk beberapa kejuaraan. Perhelatan ini akan mempengaruhi peringkat kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo 2020. Para anggota pelatnas ini juga tengah terlihat sedang mempersiapkan untuk turnamen kualifikasi Piala Thomas dan Uber yang akan diselenggarakan di Aarhus, Denmark, 16 hingga 24 Mei 2020 mendatang.

"Hari ini, saya datang di pelatnas bulu tangkis sekaligus melihat persiapan anak-anak kita yang akan mengikuti beberapa kejuaraan yang akan dihitung sebagai kualifikasi kita mengikuti Olimpiade Tokyo mendatang," ujar Zainudin.

Di kesempatan yang sama, Zainudin mengapresiasi bagaimana pelatnas PBSI menyediakan fasilitas seperti alat gym, jogging track, jump track hingga wisma yang memadai.

Namun, bagi Menpora, fasilitas yang memadai harus disertai program pelatnas jangka panjang. Dengan ini, cabor yang dianggap sudah "melegenda" di Indonesia ini terus mencetak atlet-atlet baru.

"Saya kira cabor bulu tangkis ini cukup fasilitasnya dan punya program pelatnas jangka panjang karena ada juniornya yang terus berlatih. Pemerintah mengapresiasi upaya dari pengurus PBSI yang sudah memikirkan atlet untuk setiap tahapan telah dipersiapkan. Jadi, [pembagiannya] ada senior, pelapis dan junior. Begitu seniornya tidak berprestasi, maka lapisan di bawahnya sudah siap sedia," ucap Menpora.

Dengan atlet-atlet yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air baik senior hingga junior, Zainudin berharap cabor lainnya juga melakukan hal yang sama.



Sumber: PR