Tinjau Venue PON XX Mimika, Menpora: Papua Sudah Siap

Tinjau Venue PON XX Mimika, Menpora: Papua Sudah Siap
Menpora Zainudin Amali ketika meninjau venue PON ke-20 di Mimika, Papua, Rabu (12/2/2020). ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 13 Februari 2020 | 10:42 WIB

Merauke, Beritasatu.com - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX kini semakin dekat. Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tetap optimis dengan kesiapan Papua sebagai tuan rumah.

Hal ini diungkapkan ketika Menpora meninjau lokasi pembangunan venue khususnya di Mimika.

Di antaranya adalah sirkuit balap motor di Kebun Cokelat Distrik Tanah Miring dengan luas 26,5 hektar dan Rusun Balai PUPR bagi atlet anggar serta Rusun Unmus bagi atlet gulat. Tak hanya itu, pembangunan Stadion Kaltapal Mopah Lama dengan kapasitas 10,000 penonton turut berlangsung lancar.

"Setelah kunjungan ini, saya optimis dengan kesiapan Papua untuk menjadi tuan rumah PON XX. Khususnya di Merauke, Bupati sudah sungguh-sungguh mempersiapkan segalanya. [Saya percaya] pembangunannya akan siap pada waktunya atau bahkan lebih awal," ujar Zainudin.

Tak hanya itu, pemerintah juga memperlihatkan komitmennya dalam menyukseskan acara ini. Hal ini terlihat pada penandatanganan Instruksi Presiden (Inpres) yang ditunjukkan bagi para kementerian maupun pemerintahan provinsi pada Januari lalu. Dengan ini, seluruhnya bersinergi dalam penyelenggaraan PON XX.

"Jadi tidak terpisah-pisah lagi, ini sebagai satu kesatuan penyelenggara PB PON dan dibimbing Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan pemerintah daerah setempat, jadi kita satu kesatuan tidak ada lagi terpisah-pisah," tambahnya.

Adapun Bupati Merauke Frederikus Gebze mengatakan Merauke dan Papua siap untuk menyukseskan PON XX.

"Di sini, aman, nyaman, damai dan kami mengajak untuk mengikuti pelaksanaan PON XX agar PON menjadi prestasi olahraga nasional tetapi juga sejarah dan harkat martabat Papua," ujar Frederikus.



Sumber: PR