Menpora: Perencanaan Konsisten Jadi Kunci Kesuksesan PON

Menpora: Perencanaan Konsisten Jadi Kunci Kesuksesan PON
Menpora Zainudin Amali pada Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan PON XX di Swissbell Hotel Merauke, Rabu 12 Februari 2020. ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 13 Februari 2020 | 12:17 WIB

Merauke, Beritasatu.com - Perancanaan awal yang dilakukan secara konsisten menjadi kunci dari kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan PON XX di Swissbell Hotel, Merauke, Rabu (12/2/2020).

"Apa yang sudah direncanakan harus dilakukan secara konsisten dan diawasi secara ketat. Alhasil, PON bisa sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan diikuti sukses administrasi. Sebab, banyak contoh administrasi berujung pada masalah hukum," ujar Zainudin.

Ia menambahkan, apabila PON sukses digelar, Merauke dapat dilirik sebagai lokasi pertandingan olahraga terutama untuk kejuaraan nasional. Namun, untuk mewujudkan harapan ini, penyelenggaraan PON harus pekat dengan budaya Papua.

"Usai pulang dari Merauke, para atlet dari 34 provinsi akan beranggapan bahwa Merauke memang pantas dipilih oleh PB PON. Selain persiapan venue dan akomodasi, pemerintah dan masyarakat Merauke harus menyiapkan sajian-sajian yang menarik seperti pawai budaya, pariwisata dan kulinernya," harapnya.

Tak hanya itu, disisipkannya unsur budaya dalam penyelenggaraan PON juga selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendorong sport tourism ('wisata olahraga').

"Sport tourism adalah andalan kita. Sesuai dengan perintah Presiden, penyelenggaraan olahraga harus memiliki unsur budaya dan kulinernya. Alhasil, orang-orang akan terkesan untuk kembali ke Merauke," ujar Zainudin.

Adapun kunjungan Menpora ke Papua juga meliputi tinjauan ke venue dan akomodasi bagi para atlet. Diselenggarakan pada 20 Oktober hingga 2 November mendatang, PON akan mempertandingkan 37 cabor.



Sumber: PR