Penuhi Standar FINA, Menpora Apresiasi Venue Akuatik PON

Penuhi Standar FINA, Menpora Apresiasi Venue Akuatik PON
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali ketika mengunjungi venue akuatik PON, Jayapura, Kamis (13/2/2020). ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Jumat, 14 Februari 2020 | 20:30 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Kunjungan kerja Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam memastikan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX berjalan lancar terus berlanjut. Kini, Menpora meninjau venue akuatik yang disebut memenuhi standar International Swimming Federation (FINA).

“Bagi para kontingen perenang dan ofisial dari Tanah Air, harus merasakan suasana akuatik di Papua ini. Kita saksikan ini akan menjadi sejarah. Papua memiliki  satu tempat arena akuatik dengan standar internasional,” ujar Zainudin usai meninjau venue akuatik, Jayapura, Kamis (13/2/2020).

Di kesempatan yang sama, Menpora berharap agar pembangunannya dapat segera selesai terutama karena perhelatan olahraga ini akan diselenggarakan pada Oktober mendatang.

Adapun standar venue akuatik yang ditetapkan oleh FINA meliputi struktur kolam termasuk panjang, lebar, tinggi, hingga peraturan suhu air dan pencahayaan ketika turnamen berlangsung. 

Venue akuatik ini juga memiliki tiga kolam renang. Di antaranya adalah kolam loncat indah dengan ketinggian 5 meter, kolam pemanasan dengan ketinggian 1-2 meter, serta kolam utama dengan ketinggian 3 meter.

Sebagai informasi, cabor akuatik yang akan dipertandingkan meliputi loncat indah, renang, renang perairan terbuka, renang artistik, serta polo air.



Sumber: PR