Karena Corona, Liga 1 dan 2 Dihentikan Sementara

Karena Corona, Liga 1 dan 2 Dihentikan Sementara
Menpora Zainudin Amali usai melakukan [italic]kick off[/italic] bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (15/3/2020). (Foto: kemenpora.go.id)
Jayanty Nada Shofa / JNS Minggu, 15 Maret 2020 | 17:56 WIB

Balikpapan, Beritasatu.com - Pertandingan Liga 1 dan Liga 2 resmi dihentikan sementara selama dua pekan ke depan karena meluasnya virus corona. Hingga saat ini, terdapat sebanyak 117 kasus positif terpapar virus corona di Indonesia.

Adapun penundaan ajang sepakbola ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali usai melakukan kick off Liga 2 antara tuan rumah Persiba melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/3/2020). 

Ia menyebutkan, pihaknya telah berdiskusi dengan Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan dan Direktur Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri.

"Dari sore, kami sudah berdiskusi berkaitan dengan corona. Dinamika semakin meningkat. Tadi, saya meminta Exco (Komite Eksekutif) PSSI kumpul dan hasilnya, disepakati bahwa Liga 1 dan 2 berhenti mulai Senin (16/3/2020)," tegasnya.

Ia pun mengapresiasi keputusan yang diambil Ketum PSSI usai ditegaskannya tanggapan serius Menpora terhadap pernyataan Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) dan Kementerian Kesehatan.

“Pemerintah berterima kasih atas PSSI yang sangat bijak. Itu artinya kita sangat serius menanggapi apa yang disampaikan WHO dan Kemenkes. Liga terakhir besok [dan ditunda] sampai dua minggu sambil menunggu perkembangan. Ini bukti pemerintah berkoordinasi dengan cabor-cabor," imbuh Zainudin.



Sumber: kemenpora.go.id