Olimpiade Tokyo Ditunda Karena Corona, Ini Tanggapan Menpora

Olimpiade Tokyo Ditunda Karena Corona, Ini Tanggapan Menpora
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. (Foto: kemenpora.go.id)
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 25 Maret 2020 | 15:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Merebaknya virus corona (Covid-19) telah membuat dunia olahraga terguncang. Dengan terus bertambahnya kasus terpapar positif corona di dunia, pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah memutuskan untuk menunda Olimpiade Tokyo 2020.

Menanggapi hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memahami keputusan yang diambil penyelenggara untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para kontingen.

"Kami mengapresiasi sikap kenegarawanan pimpinan IOC dan pemerintah Jepang yang lebih mengutamakan keselamatan seluruh atlet dan semua pihak yang akan terlibat dalam Olimpiade tersebut," ujar Menpora Zainudin pada keterangan tertulis yang diterima Rabu (25/3/2020).

Zainudin pun berharap para kontingen Indonesia maupun pelatnas untuk tetap semangat dalam berlatih dengan memerhatikan protokol kewaspadaan corona. Di antaranya adalah memastikan physical distancing hingga menerapkan pengawasan jarak jauh ketika berlatih.

"Tak hanya itu, kami bersama National Olympic Committee (NOC) dan National Paralympic Committee (NPC) akan segera mereview ulang kebutuhan anggaran yang tersedia karena pemerintah sedang memfokuskan penanganan virus corona," imbuh Zainudin.

Terlepas dari penundaan Olimpiade Tokyo, Zainudin memastikan komitmennya bersama NOC terkait promosi bidding sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Sebagai informasi, Olimpiade Tokyo 2020 semula dijadwalkan pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang. Walaupun tanggal pasti perhelatan ini nantinya belum ditentukan, pihak IOC akan berupaya untuk menyelenggarakannya paling lambat musim panas 2021.



Sumber: kemenpora.go.id