Olimpiade Ditunda, Menpora: 2021 Jadi Tahun Tersibuk Bagi Olahraga Indonesia

Olimpiade Ditunda, Menpora: 2021 Jadi Tahun Tersibuk Bagi Olahraga Indonesia
Menpora Zainudin Amali. ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Jumat, 27 Maret 2020 | 18:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Akibat pandemi corona (Covid-19), Olimpiade Tokyo kini resmi ditunda hingga musim panas 2021. Namun, penundaan perhelatan dunia ini menjadikan 2021 sebagai tahun tersibuk bagi dunia olahraga Indonesia.

Sebab, persiapan tim nasional akan bersandingan dengan Piala Dunia U-20 di Indonesia yang akan diselenggarakan pada 20 Mei 2021. Tak hanya itu, Indonesia juga harus menghadapi SEA Games di Vietnam pada 21 November 2021.

"Bagi Indonesia, 2021 akan agak berat karena di dalam negeri ada pelaksanaan Piala Dunia dan SEA Games di Vietnam. Berbarengan dengan itu, kita juga harus mempersiapkan untuk Olimpiade," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada unggahan video yang dikirimkan kepada awak media, Kamis (27/3/2020).

Menpora pun berharap agar masing-masing atlet tetap gigih dalam berlatih khususnya dalam menghadapi tiga agenda olahraga tersebut. Salah satunya adalah melalui pelatihan dengan pengawasan jarak jauh (long distance supervision).

"Karena ditunda, intensitas pelatnas kini tidak terlalu tinggi apabila dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, kita tetap harus melakukan pelatihan jangka panjang untuk kegiatan-kegiatan yang akan dihadapi. Saya harap ini tidak berpengaruh pada kesiapan atlet kita," imbuh Zainudin.

Adapun pihaknya memahami keputusan yang diambil oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menunda penyelenggaraan Olimpiade.

"Kami menerima keputusan dari IOC sebagai pihak yang memiliki otoritas tertinggi dalam pelaksanaan Olimpiade. Keputusan ini akan menjadi pegangan untuk kita semua. Saya juga akan bahas dengan National Olympic Commitee (NOC) bersama Chef de Mission (CdM) yang telah ditunjuk," tutup Menpora.

Sebagai informasi, Menpora telah meluncurkan protokol kewaspadaan terhadap pandemi corona yang telah diterapkan bagi masing-masing pelatnas.



Sumber: PR