Corona Melanda, Bagaimana Nasib PON Papua?

Corona Melanda, Bagaimana Nasib PON Papua?
Menpora Zainudin Amali ketika mengunjungi venue di Jayapura, Papua, Kamis 13 Februari 2020. ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Jumat, 27 Maret 2020 | 19:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada Oktober mendatang menjadi salah satu perhelatan olahraga yang dinantikan. Persiapan seperti venue pun telah menuju rampung. Masing-masing pelatda pun telah gigih berlatih pada ajang yang mempertandingkan 37 cabang olahraga ini.

Namun, kali ini, penyelenggaraan PON di Papua terpaksa harus memperhatikan perkembangan situasi penyebaran virus corona (Covid-19). Indonesia pun kini terus menghadapi penambahan kasus terpapar positif dengan total 1.046 kasus per Jumat (27/3/2020).  

"Untuk PON ini memang kita belum putuskan. Sesuai dengan arahan Presiden, kita tetap on schedule tetapi harus memperhatikan kondisi Covid-19 baik hari ini hingga beberapa bulan ke depan. Kalau situasi mengharuskan untuk menunda, tentu kita tunda. Namun, jika mereda dan kesiapan pelaksanaan tidak terganggu, tetap akan diselenggarakan sesuai rencana," ujar Zainudin pada video yang dikirimkan kepada awak media, Kamis (26/3/2020).

Zainudin pun menekankan keputusan penyelenggaraan PON juga akan didiskusikan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tingkat pusat maupun daerah serta masing-masing cabor.

"Inilah situasi yang dihadapi. Bagi pemerintah, keselamatan bagi masyarakat dan dalam bidang olahraga, atlet, pelatin hingga ofisial, adalah prioritas kami," imbuhnya. 

Di kesempatan yang sama, Menpora turut membahas ditundanya ajang olahraga nasional seperti Liga 1 dan 2, Pro Liga untuk cabor voli hingga IBL untuk bola basket. Ia kemudian kembali menekankan keputusan ini diambil untuk menghindari penyebaran virus corona.



Sumber: PR