Menpora Tekankan Pentingnya Grand Design Olahraga

Menpora Tekankan Pentingnya Grand Design Olahraga
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali ketika mengikuti webinar bersama sivitas akademi, Senin (18/5/2020). ( Foto: Istimewa )
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 20 Mei 2020 | 21:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kembali menekankan pentingnya menyiapkan grand design olahraga nasional walaupun di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, grand design penting untuk menentukan prestasi olahraga Tanah Air ke depannya.

Hal ini disampaikan oleh Menpora Zainudin ketika menjadi keynote speaker pada seminar daring bersama sivitas akademi dari berbagai universitas.

"Tatanan baru harus disiapkan. Kepada semua stakeholder olahraga harus tetap punya harapan optimisme. Kita mampu keluar dari semua ini. Apa yang kita bisa lakukan sekarang seperti menyiapkan grand design keolahragaan nasional, karena ini belum ada dan sekarang menjadi hal penting demi prestasi dan kejayaan olahraga di masa mendatang," jelasnya, Senin (18/5/2020).

Baca: Pandemi Covid-19, Menpora Siapkan Rencana Besar Olahraga Nasional

Adapun rencana besar ini adalah untuk menanggapi penumpukan event olahraga pada tahun 2021. Di antaranya adalah Piala Dunia U-20, PON dan Peparnas, MotoGP Mandalika dan lainnya.

Dalam paparannya, Menpora Zainudin juga menjelaskan sebagaimana pendapat para ahli dan pengalaman situasi menghadapi wabah penyakit bahwa pandemi Covid-19 tidak akan seratus persen selesai.

Oleh karena itu, harus ada prioritas bagaimana untuk menyikapi pandemi tersebut. Khususnya di sektor olahraga, pemerintah mengutamakan keselamatan serta kesehatan atlet dan pelatih.

"Program pelatnas saat ini dihentikan atau ada beberapa vang berjalan dengan protokol kesehatan ketat. Hal ini dikarenakan kesehatan dan keselamatan atlet dan pelatih menjadi prioritas utama. Atlet dan pelatih merupakan aset menuju prestasi," tegasnya.

Sebagai informasi, webinar ini diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang dan didukung oleh Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Negeri Surabaya. Webinar yang diikuti lebih dari 1.000 peserta ini mengangkat tema "Olahraga di Tengah Puasa dan Pandemi Covid-19: Sehat, Sportivitas, Leadership".



Sumber: BeritaSatu.com