Menpora Resmi Membuka GoPay Arena Championship

Menpora Resmi Membuka GoPay Arena Championship
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali ketika membuka turnamen eSports Gopay Arena Championship secara virtual, Senin (15/6/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Selasa, 16 Juni 2020 | 10:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah resmi membuka turnamen eSports Gopay Arena Championship.

"Ini suatu upaya yang membanggakan bagi penggiat eSports di Indonesia. Sebagai pemerintah, saya sangat mendukung kegiatan seperti ini apalagi kita sekarang ini dalam keadaan pandemi. Satu-satunya kegiatan olahraga yang masih terus bisa digelar adalah eSports karena satu sama lain tidak harus bertemu secara fisik," ungkap Menpora, Senin (15/6/2020).

Menurutnya, pemerintah siap mendukung perkembangan eSports di Indonesia. 

Baca juga: Industri eSports Dorong Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja

"Saya juga selalu berpesan tolong diperlombakan sesuai karakter dan budaya kita. Para penggiat eSport untuk menciptakan legenda Indonesia menjadi karakter yang kuat untuk masuk dalam dunia game ini. Tetap produktif di tengah pandemi dan selalu perhatikan protokol kesehatan," lanjut Zainudin.

GoPay Arena Championship merupakan gelaran eSports pertama oleh aplikasi uang digital ini. Nantinya, ajang ini akan mempertandingkan tiga gim populer di Indonesia yaitu Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG.

Turnamen ini memiliki kategori umum di mana pemain profesional dan amatir dapat saling bersaing, serta kategori profesional. Pendaftaran kategori umum (open qualifier) dibuka melalui registrasi, sedangkan kategori profesional (invited qualifier) hanya mempertandingkan tim dari kompetisi musim pro sebelumnya.

Baik kategori umum maupun profesional akan memberlakukan sistem gugur. Pemenang kedua kategori ini akan bertanding meraih gelar juara pada babak grand final.

Baca juga: PUBG Mobile Cetak Rekor Pendapatan Tertinggi di Dunia

Mulai hari ini, peserta sudah bisa mendaftarkan diri pada situs resmi turnamen. Pendaftaran akan berakhir pada 29 Juni 2020.

Babak kualifikasi kategori profesional akan berlangsung pada 27 Juni hingga 19 Juli 2020. Untuk kategori umum, babak kualifikasi akan berlangsung dari 6 Juli hingga 26 Juli 2020.



Sumber: BeritaSatu.com