Kempora Gelar Lomba Senam SAH dan DUILAH Antar Unit

Kempora Gelar Lomba Senam SAH dan DUILAH Antar Unit
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) menggelar lomba senam antar unit dan mitra Kempora di halaman Kantor Kempora, Jakarta, Jumat (3/7/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Jumat, 3 Juli 2020 | 16:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) menggelar lomba senam antar unit beserta mitra Kempora untuk menggalakkan semangat olahraga di kalangan para pegawai.

Lomba senam ini terbagi menjadi dua kategori yaitu Senam Stay at Home (SAH), serta Senam Duduk dan Berdiri untuk Lansia di Rumah (DUILAH). Setiap unit mengirim masing-masing empat orang. Penyelenggaraan lomba senam ini juga tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Adapun lomba ini dibuka secara resmi oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto di halaman Kantor Kempora, Jumat (3/7/2020). Sebelum lomba dimulai, dilakukan senam bersama istri Menpora Zainudin Amali, Nadiah, beserta para pejabat Kempora lainnya.

Baca juga: Ikut Senam di Hari Krida, Menpora Ingatkan Pentingnya Berolahraga

Sesmenpora menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan senam ini untuk menindaklanjuti surat imbauan Menpora kepada seluruh pimpinan kementerian/lembaga dan Ketua Umum Kadin untuk berolahraga di Hari Krida (Jumat).

"Intinya, di saat pandemi Covid-19 ini, kita dibutuhkan kebugaran tubuh. Maka, dimohon setiap hari Jumat untuk tetap melakukan senam bersama," jelasnya.

Menurutnya, senam di Hari Krida bukan sesuatu yang baru. Senam ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan bisa diikuti oleh siapa pun dan di mana pun. Untuk itu, Sesmenpora berharap masyarakat da pegawai instansi pemerintah dan lembaga lainnya mengikuti imbauan ini.

Hal serupa juga dinyatakan oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta.

"Kegiatan ini bagian dari himbauan pemerintah (Menpora dan Menpan RB) dalam rangka berolahraga terutama senam di Hari Krida. Hari ini, kenapa kita mengadakan lomba senam, karena tujuannya untuk memotivasi para karyawan, ASN dan stakeholder untuk semangat berolahraga dengan senam bersama di hari Jumat," urainya.

Ia melanjutkan, Kempora telah meluncurkan beberapa program senam.

Pertama adalah Senam SAH yang dapat diperagakan baik di dalam rumah maupun di halaman rumah. Kedua adalah Senam DUILAH khusus untuk para lansia.

"Kita juga ada senam namanya Senam Melawan Covid. Senam ini menggunakan energi dari tubuh dan lingkungan kita. Senam ini bagus bagi yang terindikasi Covid. Bagi yang tidak terindikasi, (senam ini) bagus buat pertahanan tubuh, " jelas Isnanta.



Sumber: BeritaSatu.com