Menpora Minta Seluruh Cabor Kreatif di Tengah Pandemi

Menpora Minta Seluruh Cabor Kreatif di Tengah Pandemi
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali ketika menghadiri Home Tournament PBSI di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Jumat (10/7/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Senin, 13 Juli 2020 | 14:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendorong setiap cabang olahraga (cabor) agar mengembangkan kreativitasnya di tengah pandemi Covid-19

Sebagai contoh, olahraga yang tidak bersentuhan fisik secara langsung bisa menggelar kejuaraan secara internal. Hal ini disampaikan Menpora usai menyaksikan pertandingan final sektor tunggal putra Home Tournament yang digelar oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Jumat lalu (10/7/2020).

Baca juga: Menpora Sebut Home Tournament PBSI Kreatif

 

Kejuaraan internal tersebut digelar tanpa penonton.

Perangkat pertandingan juga menerapkan protokol kesehatan. Setiap orang yang masuk ke Pelatnas Cipayung harus melewati pengecekan suhu tubuh, menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) hingga face shield.

“Cabor itu harus kreatif. Masa cabor bulu tangkis bisa (menggelar home tournament), yang lain tidak. Tapi, itu harus mematuhi protokol kesehatan. Nanti saya akan sampaikan itu ke cabor lain ya, dan terutama itu yang tidak bersentuhan fisik secara langsung. Kalau sepak bola atau bola basket, itu belum ya,” kata Menpora Zainudin.

Menurutnya, setiap cabor harus mempersiapkan para atletnya untuk menghadapi kejuaraan-kejuaraan yang akan datang.

“Kita harus persiapkan itu. Ada Olimpiade nantinya. Nah, atlet-atlet ini perlu untuk mencoba turnamen internal. Jadi mereka bisa membuktikan hasil latihannya selama ini,” ujar Menpora.

Dirinya pun berpesan kepada para atlet untuk terus memperbaiki performa, menjaga kesehatan, serta mematuhi protokol kesehatan.

Adapun Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBSI Achmad Budianto mengatakan PBSI akan terus berkreasi.

“Suatu kebanggaan Pak Menpora berkenan untuk hadir dan memberi dukungan, serta apresiasinya. Kita akan berkreasi untuk kedepannya agar lebih baik,” jelasnya.



Sumber: BeritaSatu.com