Kempora Kucurkan Dana Pelatnas untuk Cabor Atletik dan Panahan

Kempora Kucurkan Dana Pelatnas untuk Cabor Atletik dan Panahan
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyaksikan secara langsung penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PPON Kempora dengan Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Illiza Sa'aduddin Djamal di Kantor Kempora, Jakarta, Selasa (14/7/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 15 Juli 2020 | 19:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) telah mengucurkan dana bantuan untuk fasilitas pelatnas Olimpiade Tokyo dan pembinaan jangka pendek kepada cabang olahraga (cabor) atletik dan panahan.

Keputusan alokasi anggaran ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PPON Kempora Yayan Rubaeni dengan pimpinan cabor terkait di Kantor Kempora, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Untuk cabor panahan, MoU ditandatangani oleh Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Illiza Sa'aduddin Djamal. Sedangkan, cabor atletik diwakilkan oleh Sekjen Persatuan Atletik Indonesia (PASI) Tigor M Tanjung.

Adapun alokasi anggaran yang disetujui untuk PASI sebesar Rp 6,14 miliar dari Rp 6,29 miliar. Perpani sebelumnya juga mengusulkan anggaran sebesar Rp 8 miliar. Namun, dana bantuan yang disetujui sebesar Rp 3,95 miliar.

Menpora Zainudin Amali berharap masing-masing cabor menggunakan anggaran sesuai dengan MoU yang telah disepakati. Nantinya, Kempora juga akan memberikan layanan pendampingan agar penggunaan anggaran sesuai dengan ketentuan.

“Ini dilakukan agar semua terbuka. Proposal yang masuk direview. MoU dilakukan secara terbuka di hadapan publik. Tidak ada negoisasi dan bisik-bisik. Itu kita hindari, ya. Kita lakukan secara terbuka, dan kita bisa awasi,” kata Menpora usai menyaksikan penandatanganan MoU.

Bantuan ini, lanjut Menpora, akan diberikan secara bertahap. Para cabor penerima dana pelatnas juga diminta untuk tertib secara administrasi. Bagi cabor yang belum melakukan MoU diminta untuk segera mempersiapkan kelengkapan.

“Kita berikan secara bertahap. Cabor lain, kami tunggu segera supaya MoU. Sekali lagi, terima kasih. Semoga ini bermanfaat. Mudah-mudahan olahraga Indonesia terus maju kedepan, dan berprestasi. Kita juga harus bersemangat untuk berolahraga,” jelas Menpora.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Perpani Illiza mengapresiasi koordinasi yang telah dilakukan oleh Kempora dengan cepat. Ia berharap atlet panahan bisa mengharumkan nama bangsa dengan mencetak medali emas.

Sementara itu, Plt. Ketua Umum PASI Zacky Anwar Makarim berjanji akan menggunakan anggaran sesuai dengan kesepakatan.

“Terima kasih atas bantuan ini. Amanah ini akan kita pegang dan melakukan prosedur dengan benar,” tutup Zacky.



Sumber: BeritaSatu.com