Piala Menpora Esports 2020 Akan Dimulai Akhir Agustus

Piala Menpora Esports 2020 Akan Dimulai Akhir Agustus
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Penyelenggara Piala Menpora Esports 2020 di Graha Pemuda, Jakarta, Selasa (28/7/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 30 Juli 2020 | 17:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Piala Menpora ESports 2020 resmi digelar pada akhir Agustus mendatang.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, e-sport menjadi sebuah pilihan untuk menggelorakan semangat kebangsaan di tengah pandemi Covid-19.

Terlebih, digelarnya turnamen tersebut berdekatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-75, Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September mendatang, serta Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober. 

"E-sport merupakan bagian dari olahraga yang terus beradaptasi dengan perkembangan dunia dan semakin terhubung secara digital. Di tengah kondisi pandemi, generasi muda Indonesia dengan penuh semangat tetap bisa berkarya dan meraih prestasi melalui E-Sports," kata Menpora didampingi dengan Penyelenggara Piala Menpora Esports 2020 Giring Ganesha di Graha Pemuda, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Menurut Giring, Piala Menpora Esports kali ini menjadi inisiatif Kempora yang unik karena para pesertanya berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Piala Menpora E-Sports ini uniknya adalah pertandingan yang mewakili SMP, SMA, dan kuliah. Ini 100% inisiatif Pak Zainudin, tetap dirancang tidak ada off air semua dengan online yang bertujuan bahwa di situasi seperti ini tetap menjaga protokol kesehatan," jelas Giring.

Adapun turnamen ini menargetkan hingga 10.000 atlet dengan lebih dari 2.000 tim.

Calon peserta dapat mendaftar per tanggal 1 Agustus. Nantinya, kick off akan dilakukan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan yakni 17 Agustus. Untuk pertandingan akan dimulai pada akhir bulan Agustus dengan babak final yang akan dilaksanakan pada 3-4 Oktober mendatang.

Turnamen ini diharapkan dapat mencetak atlet-atlet esports baru yang nantinya dapat bertanding di pertandingan berskala regional maupun internasional.



Sumber: BeritaSatu.com