The Beast, Limo Terbaru Presiden Trump Siap Digunakan

The Beast, Limo Terbaru Presiden Trump Siap Digunakan
Mobil kepresiden AS terbaru buatan General Motors yang akan dipakai Presiden Donald Trump diparkir di New York City, New York, 23 Sept. 2018. ( Foto: AFP )
Heru Andriyanto / HA Selasa, 25 September 2018 | 04:39 WIB

Washington - Versi paling anyar dari limosin kepresidenan Amerika Serikat yang dijuluki "The Beast" muncul pertama kali di muka umum di New York City pekan ini.

Dua mobil Cadillac produksi General Motors Co (GM) ini dipamerkan hari Minggu (23/9) lalu.

The Beast versi sebelumnya diluncurkan pada 2009, tak lama sebelum Barack Obama resmi menjabat. Pada 2015, Obama mengatakan dia "bisa menghubungi kapal selam nuklir" dengan telepon yang ada di mobil itu.

GM memenangi kontrak senilai US$ 15,8 juta untuk dua tahap pengembangan limo khusus ini, dari 2014 hingga 2017, tetapi tidak jelas apakah angka itu mewakili seluruh biaya pengembangan.

Pada 2010, GM juga mendapatkan kontrak US$ 35 juta dari Secret Service atau pasukan pengamanan presiden untuk tambahan limosin kepresidenan.

GM tidak bersedia membahas secara terperinci spesifikasi mobil baru ini. Foto dua limo terbaru ini diunggah Secret Service di Twitter, Senin (24/9).

Menurut para pakar, limosin kepresidenan ini mampu melaju meskipun ketika ban kempes, dilengkapi kaca antipeluru, dan interior yang benar-benar tertutup untuk bertahan dalam serangan senjata kimia.

Menurut majalah Car and Driver, lampu depan limo terbaru ini mirip dengan lampu Cadillac Escalade SUV.

GM memenangi kontrak pada 2014 setelah Ford Motor Co memilih tidak mengajukan penawaran. Pada abad ke-20, sebagian besar mobil kepresidenan AS menggunakan Lincoln. Namun, sejak awal 1980an, limosin presiden selalu Cadillac.

 



Sumber: Reuters