Daihatsu Optimistis Tutup 2018 di Posisi Kedua

Daihatsu Optimistis Tutup 2018 di Posisi Kedua
Priswandi (tengah) saah satu pemenang Program Daihatsu Setia berfoto bersama manajemen Daihatsu di depan mobil Xenia miliknya yang telah direkondisi. ( Foto: istimewa / istimewa )
/ YS Rabu, 12 Desember 2018 | 14:34 WIB

Jakarta -  Manajemen Daihatsu optimistis bisa menutup tahun ini dengan posisi di peringkat kedua penjualan otomotif nasional di bawah Toyota. Hal itu melihat kinerja memuaskan yang terjadi sepanjang Januari hingga November 2018 ini.

“Penjualan Daihatsu hingga akhir tahun kami perkirakan masih mengalami peningkatan. Akhir 2018 nanti, mudah-mudahan bisa tetap menduduki peringkat kedua tertinggi di market share nasional. Dan itu berarti 10 tahun berturut-turut Daihatsu di peringkat kedua,” ujar Marketing and CR Division Head PT AI-DSO Operation Hendrayadi Lastiyoso dalam jumpa pers penyerahan 45 unit mobil rekondisi kepada konsumen setia Daihatsu di Astra Biz Center, Serpong, Tangerang, Selasa (11/12).

Hadir pada kesempatan itu Deputy Chief Executive PT Astra International Tbl-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Supranoto, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, dan konsumen pemenang program Daihatsu Setia.

Hendrayadi menjelaskan, sepanjang Januari hingga November 2018, penjualan ritel otomotif nasional mencapai 1,04 juta unit atau tumbuh 8,8% dari periode yang sama tahun lalu. Daihatsu juga meraih pertumbuhan yang nyaris sama yakni 8,1%. Sepanjang Januari hingga November 2018, Daihatsu meraih 178.566 unit dengan pangsa pasar 17,1%.

Hingga November itu, Daihatsu berada di urutan ketiga. Posisi pertama ditempati Toyota dengan penjualan 320.957 unit dengan pangsa pasar 30,8%, lalu tempat kedua ada Mitsubishi dengan penjualan 182.392 unit dengan pangsa pasar 17,5%.

“Kami memang masih di urutan ketiga, tetapi hingga akhir tahun, kami bisa bergeser ke posisi kedua,” tambah Hendrayadi.
Hal itu melihat jumlah penjualan Daihatsu di November 2018 sebesar 17.585 unit atau lebih besar dari Mitsubishi yang sebanyak 17.273 unit. Belum lagi melihat meningkatnya penjualan nasional, yang diperkirakan hingga akhir tahun bisa melampaui 1,15 juta unit.

“Jadi, Bapak Ibu sekalian tidak salah pilih dengan Daihatsu,” ujar Hendrayadi kepada para pemenang program Daihatsu Setia yang hadir.

Hal senada dikatakan Amelia Tjandra. Menurut dia, hasil pangsa pasar sebesar 17,1 persen mencerminkan penerimaan yang baik dari masyarakat Indonesia terhadap Daihatsu.

“Kami optimistis hingga akhir tahun ini bisa mempertahankan market share itu. Apalagi di awal tahun, target kami di tahun ini hanya 16 persen, sama dengan pencapaian di 2017. Makanya, angka 17,1 persen ini sudah melampaui target yang kami tetapkan,” papar Amelia.

Ia memperkirakan, tahun depan dengan kondisi ekonomi nasional yang belum pasti di tengah suasana perpolitikan, Daihatsu tidak akan menetapkan target muluk-muluk. Pihaknya mematok anga di 16 persen untuk pangsa pasar di 2019. Apalagi Gaikindo juga memprediksi penjualan otomotif pada 2019 akan stagnan.

“Kami tidak ingin mencanangkan target tinggi-tinggi. Kami selalu berusaha untuk bersikap friendly dan humble,” kata dia.

 

Program Rekondisi
Pada kesempatan itu, manajemen Daihatsu menyerahkan 20 unit mobil rekondisi milik pelanggan setianya di wilayah Jabodetabek. Penyerahan ini merupakan bagian dari 45 mobil yang direkondisi dalam program Daihatsu Setia 2018.

Penyerahan 20 mobil pemenang terdiri atas 8 unit Xenia, 8 Terios, 2 Sirion, dan 2 Luxio. Program rekondisi mobil lama milik pelanggan setia menjadi seperti baru keluar dari pabrik bertajuk Daihatsu Setia 2018 itu telah menginjak tahun kelima kalinya sejak digelar 2014 lampau.

Dengan penyerahan 20 unit pemenang pelanggan setia Daihatsu ini, Daihatsu sukses memberikan kesempatan rekondisi mobil para pelanggan setia dengan total sebanyak 45 unit (20 Xenia, 20 Terios, 3 Luxio, dan 2 Sirion) di total tujuh area meliputi Jawa Tengah dan Yogjakarta, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, serta Jakarta dan sekitarnya.

Penyerahan mobil rekondisi Daihatsu ini diwarnai perasaan haru dan bahagia dari pelanggan setia Daihatsu yang merupakan pemenang Daihatsu Setia 2018. Seluruh pemenang terkejut saat melihat hasil rekondisi mobil mereka.

Priswandi mengaku bahagia dengan program itu, karena Daihatsu masih memperhatikan konsumen lamanya. Pemilik Daihatsu Xenia yang sudah mencapai jarak tempuh 371.570 km itu mengaku sangat puas memakai Xenia karena awet.

“Saya tidak pernah dikecewakan oleh Xenia. Bahan bakarnya irit dan saya sangat apresiasi Daihatsu, karena hanya Daihatsu yang memberikan hadiah terindah bagi pelanggan yang setia dengan rekondisi seluruh bagian mobil,” ujar pria yang bekerja sebagai militer di TNI AL ini.



Sumber: PR