2019 Era Mobil Listrik Mewah

2019 Era Mobil Listrik Mewah
Mobil listrik Jaguar I-Pace. ( Foto: Autocar )
Heru Andriyanto / HA Senin, 31 Desember 2018 | 05:21 WIB

Peluncuran Jaguar I-Pace tahun ini hanyalah awal dari persaingan di pasar mobil listrik mewah yang dipastikan bakal sangat sengit pada 2019 nanti.

Tahun depan dan kemudian berlanjut pada 2020, Jaguar akan menghadapi kompetisi dari produsen-produsen mobil premium seperti Audi, Mercedes-Benz, BMW, dan Porsche. Tesla tentu saja juga akan memanaskan rivalitas.

Interior dasbor mobil listrik Jaguar I-Pace.

Sejauh ini Tesla belum menunjukkan produk terbaru Model Y, tetapi diduga akan segera dirilis pada 2019 dan diikuti produksi tahun berikutnya.

Audi akan segera merilis model-model mobil lsitriknya. Jenis sport utility vehicle (SUV) Audi E-Tron sudah diperkenalkan pada September lalu. Produsen mobil Jerman itu bahkan sudah memungut uang muka US$ 1.000 untuk SUV tersebut, yang baru musim semi tahun depan akan mulai dijual di Amerika Serikat.

Audi E-Tron (CarBuzz)

E-Tron diperkenalkan di San Francisco karena Amerika Serikat dinilai sebagai pasar terbesar SUV listrik ini, yang dijual mulai US$ 75.000. Model-model lainnya adalah Audi E-Tron GT dengan empat pintu, dan E-Tron Sportback.

Tahun ini Mercedes juga memperkenalkan SUV listrik pertamanya. Seperti halnya Audi E-Tron, tampilan Mercedes-Benz EQC tidak jauh berbeda dengan SUV konvensional yang bertenaga combustion, tetapi lebih rendah dan dengan lekuk yang lebih sporty. Produksi EQC akan dimulai tahun depan, pemasaran pada 2020.

Mercedes-Benz EQC

Porsche merencanakan produksi pertama mobil listrik Taycan akhir 2019. Taycan yang akan memiliki 600 tenaga kuda, diklaim bisa mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu hanya 3,5 detik.

BMW sudah memamerkan konsep SUV listrik yang akan mulai dijual pada 2021. Dalam pameran di dalam perut pesawat kargo itu, yang singgah di berbagai negara, mobil konsep BMW Vision iNext menampilkan sebuah tipe crossover SUV yang cukup besar. Tombol dan layar di dalam mobil dirancang bisa menghilang ketika tidak dibutuhkan.

Porsche Taycan (Cnet)

Sebelum produksi Vision iNext, BMW iX3 crossover sudah akan mulai dijual pada 2020. Mobil ini dirancang fleksibel sehingga bisa dibuat versi bertenaga bensin, plug-in hybrid, atau listrik sepenuhnya. BMW iX3 akan dibuat di Tiongkok untuk pasar ekspor global.

Mini, anak perusahaan BMW, juga akan meluncurkan mobil listrik lebih awal. Meskipun penjualan akan dimulai tahun depan, tetapi informasi tentang mobil listrik Mini itu belum tersedia.

BMW iX3 (Electrek)

Rivian, perusahaan mobil listrik baru di Michigan, AS, sudah membuka pesanan untuk model pickup R1T dan SUV R1S.



Sumber: CNN
CLOSE