Gaikindo Targetkan Penjualan 1,1 Juta Mobil di 2019

Gaikindo Targetkan Penjualan 1,1 Juta Mobil di 2019
Great New Xenia special edition dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan, 2-12 Agustus 2018. ( Foto: Istimewa )
Ridho Syukro / CAH Selasa, 1 Januari 2019 | 13:15 WIB

Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan mobil pada tahun 2019 mencapai angka 1,1 juta unit atau sama dengan target penjualan pada tahun 2018. Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan kondisi perekonomian tahun 2019 diproyeksikan sama dengan tahun 2018 tetap stabil dan penjualan kendaraan pun kurang lebih sama di angka 1,1 juta unit.

Untuk tahun 2018, pihaknya optimistis target penjualan sebesar 1,1 juta unit tercapai karena melihat perkembangan penjualan mobil dari Januari- November 2018 yang mencapai angka 1.063.464 unit atau naik 7 persen jika dibandingkan periode tahun 2017 sebanyak 994.799 unit.

Saat ini, Gaikindo masih menghitung dan mengumpulkan data dari para anggotanya dan masih menunggu data untuk bulan Desember.

Ia mengatakan Gaikindo tetap realistis memasang target penjualan dan tidak terlalu memasang target yang terlalu tinggi karena melihat pergerakan ekonomi Indonesia.

"Untuk tahun 2019, perekonomian stabil dan daya beli konsumen membaik," ujar dia kepada Investor Daily, di Jakarta, belum lama ini.

Ia mengatakan untuk jenis mobil yang paling laris tahun 2019 masih sama yaitu MPV dan SUV, belum ada perubahan.

MPV dicari karena harga terjangkau sedangkan SUV dicari karena mengikuti perkembangan lifestyle.

Untuk tahun 2019, Gaikindo juga tetap membuka kesempatan kepada investor asing untuk berinvestasi di Indonesia karena Indonesia merupakan pasar yang cukup besar.

Sepanjang 2018, merek mobil Tiongkok mulai masuk seperti DFSK dan mendapatkan respon positif dari konsumen.

"Kami siap membuka kesempatan kepada merek merek lain untuk memasarkan kendaraannya di Indonesia," ujar dia.

Ia menjelaskan Indonesia masih menjadi pasar otomotif paling potensial di dunia karena penduduknya paling banyak dan menjadi magnet tersendiri bagi investor. Investasi akan semakin maju jika didukung kebijakan dari pemerintah dan pro investor.

Pada tahun 2019, Gaikindo tetap mengadakan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) karena ampuh mendorong penjualan dan sebagai ajang pamer produk baru,GIIAS akan diadakan rutin di semester dua.

Untuk mobil listrik sendiri, pihaknya mendukung dan tetap menunggu roadmap yang jelas dari pemerintah.

Jika sudah ada roadmap maka perkembangan mobil listrik sudah ada titik terangnya.

"Menurut kabar, Perpres mobil listrik keluar Januari 2019 dan kami tidak sabar menunggunya," ujar dia



Sumber: Investor Daily
CLOSE