Nissan Raih Penghargaan Mitra Utama Kepabeanan of The Year 2018

Nissan Raih Penghargaan Mitra Utama Kepabeanan of The Year 2018
Ilustrasi PT Nissan Motor Indonesia ( Foto: Istimewa )
Ridho Syukro / JAS Selasa, 1 Januari 2019 | 20:19 WIB

Jakarta - Nissan Indonesia kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kantor Pelayanan Utama Tipe A Tanjung Priok, sebagai “Mitra Utama Kepabeanan of The Year 2018".

Penghargaan ini diterima pada 12 Desember 2018, pada kegiatan Coffee Morning Mitra Utama (Mita) Kepabeanan 2018 yang merupakan sebuah agenda rutin yang dilakukan bea dan cukai, sebagai wadah komunikasi antara bea cukai dengan importir/eksportir serta asosiasi.

Mitra Utama "Kepabeanan of The Year 2018” diberikan kepada Nissan Indonesia sebagai hasil penilaian terbaik secara keseluruhan, di antara lebih dari 200 perusahaan Mitra Utama Kepabeanan.

Penghargaan ini melanjutkan pencapaian Nissan Indonesia sebagai Importir Mitra Utama Kepabeanan Terbaik di KPU Awards 2018 pada bulan Juli 2018 lalu.

Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atas penghargaan yang luar biasa ini.

"Ini adalah penghargaan atas kinerja bisnis kami untuk mempertahankan Nissan Indonesia sebagai Importir Mitra Utama Kepabeanan terbaik di Indonesia,” ujar dia dalam siaran persnya yang diterima Investor Daily, di Jakarta, Selasa (1/1).

Penghargaan Mitra Utama Kepabeanan of The Year tahun 2018 kepada PT. Nissan Motor Indonesia berdasarkan pengguna PDE (Pertukaran Data Elektronik) Internet PEB terbanyak, waktu dwelling time paling singkat, ketepatan penyerahan laporan bulanan yang diserahkan langsung PIC perusahaan, dan tidak ada pelanggaran kepabeanan.

Kriteria yang dijadikan dasar penilaian oleh KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok adalah sebagai berikut, tidak melakukan pelanggaran di bidang kepabeanan, tidak melakukan kesalahan pada saat pengiriman data PIB (Pemberitahuan Impor Barang), menyampaikan laporan bulanan tepat waktu baik melalui email maupun secara langsung tanpa melalui pihak ketiga, serta menyerahkan Certificate of Origin (COO) secara langsung tanpa melalui pihak ketiga.

Selain itu, Nissan juga dinilai berperan aktif terhadap perubahan dan/atau perbaikan yang dilakukan di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, baik perubahan peraturan maupun sistem, misalnya implementasi pertukaran data elektronik melalui internet.



Sumber: Investor Daily