Toyota Luncurkan Generasi Terbaru Camry

Toyota Luncurkan Generasi Terbaru Camry
PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan sedan Camry terbaru, di Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / WBP Selasa, 8 Januari 2019 | 15:12 WIB

Jakarta - Mengawali tahun 2019, PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru dari sedan Camry. Ada banyak perubahan yang dihadirkan generasi ke-8 Sedan Camry ini dibandingkan generasi sebelumnya, mulai bagian eksterior, interior, hingga dapur pacunya. Tiga varian yang dihadirkan yaitu Hybrid, V dan G.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi memaparkan, salah satu keunggulan Camry terbaru ini adalah desainnya lebih agresif dan mewah. Berbeda dengan desain generasi sebelumnya yang lebih calm dan practical. Selain itu, Camry terbaru menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architechture) yang membuat tampak lebih kokok dan stabil. Mobil ini merupakan platform TNGA kedua yang dipasarkan Toyota di Indonesia setelah CH-R.

"Dengan menggunakan platform TNGA, sedan ini menjadi lebih stabil dan lincah, serta visibilitasnya menjadi lebih optimal," kata Anton Jimmi, di peluncuran Camry terbaru, di Jakarta, Selasa (8/1).

Sedan Camry terbaru ini hadir dalam dimensi panjang 4.885 mm atau lebih panjang 35 mm dibandingkan pendahulunya, lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dibandingkan model sebelummya, tinggi 1.445 mm atau lebih rendah dibandingkan sebelumnya yang mencapai 1.470 mm, dan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm atau lebih panjang 50 mm dibandingkan model sebelummya.

Pada bagian eksterior, Jimmi memaparkan bagian depan dan belakang didesain untuk memberikan sugesti yang kuat sebagai kendaraan kelas atas. Desain aggressive luxurious yang didukung oleh front lamp dan rear lamp berteknologi LED membangun karakter yang lebih kuat terhadap Camry terbaru. Ditambah lagi dengan suspensi bagian belakang yang menggunakan teknologi double wishbone.

Sementara itu pada bagian interior memberikan kombinasi keluasan dan sporty. Desain kombinasi T shape dashboard yang disandang oleh model sebelumnya kini diganti dengan type cockpit dashboard yang lebih ramping untuk memberikan visibilitas yang lebih luas, serta membuat semua instrumen feature di ruang kabin dapat dijangkau dengan lebih mudah.

Layaknya pada kendaraan kelas atas, Camry terbaru ini memberikan fitur keselamatan (safety) yang lengkap antara lain Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function, disamping 7 airbags, ABS, EBD, BA, VSC dan HSA. Sebagai penggerak, varian G dan V menggunakan mesin ZAR-FE dengan 4 silinder dan kapasitas 2.494 cc. Output maksimun 183 ps per 6.000 rpm dan torsi 23.9 kgm per 4.100 rpm.

Sedangkan untuk varian Hybrid menggunakan engine A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc dengan power maksimum 178 ps pada 5.700 rpm dan torsi maksimum 22.5 kgm pada 3.600-5.200 rpm. Untuk motor listriknya, varian Hybrid menggunakan electric motor dengan power 20.6 kgm.

Untuk harganya, varian G dibanderol Rp 613.350.000, varian V Rp 646.650.000, sementara varian Hybrid Rp 806.600.000. Harga tersebut on the road (OTR) wilayah Jakarta.



Sumber: BeritaSatu.com