80% Mobil yang Dipasarkan BMW Rakitan Lokal

80% Mobil yang Dipasarkan BMW Rakitan Lokal
BMW Group Indonesia menggelar BMW Exhibition, di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat, 15 Februari 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Jumat, 15 Februari 2019 | 16:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - BMW Group Indonesia terus berupaya meningkatkan volume kendaraan premium produksi lokal yang dipasarkan di Indonesia.

Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania menyampaikan, meskipun BMW merupakan brand otomotif asal Jerman, namun saat ini mobil BMW yang dipasarkan di Indonesia mayoritasnya merupakan rakitan lokal.

"BMW sudah melakukan investasi yang cukup lama di Indonesia. Saat ini, sebagian besar kendaraan yang dijual di Indonesia juga merupakan rakitan lokal, bahkan persentasenya mencapai lebih dari 80 persen," kata Jodie, di sela acara BMW Exhibition yang dihadiri Beritasatu.com, di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Model kendaraan BMW yang saat ini dirakit di Indonesia antara lain BMW Seri 3, BMW Seri 5, BMW Seri 7, BMW X1, BMW X3, dan BMW X5. Sementara yang masih berstatus impor dari Jerman seperti BMW Seri 1, Seri 2, Seri 4, Seri 6, X4, dan Seri performa M.

"Kalau bicara kendaraan impor CBU, jumlahnya sangat terbatas dan lebih ke kendaraan yang sangat unik. Segmennya juga terbatas," kata Jodie.

Saat ini kendaraan BMW yang dipasarkan di Indonesia dirakit di BMW Production Network 2 PT Gaya Motor, unit bisnis PT Astra International Tbk yang menjadi mitra bisnis BMW di Indonesia. BMW Group Indonesia secara konsisten meningkatkan aktivitas produksinya di Indonesia melalui investasi senilai lebih dari Rp 270 miliar sejak tahun 2011 hingga saat ini.

Tahun ini, BMW Group Indonesia juga berencana memperkenalkan lebih dari 10 model BMW dan MINI terbaru. Beberapa model yang akan diperkenalkan seperti generasi terbaru BMW X5 dan generasi ketujuh dari BMW Seri 3. Sebuah model kendaraan BMW X yang belum pernah ada sebelumnya, BMW X7 juga akan ditambahkan ke portofolio BMW X yang lengkap.

Jodie menyampaikan, untuk memberikan akses yang lebih mudah kepada pelanggan, BMW Indonesia juga akan mengadakan lebih banyak kegiatan BMW Exhibitions. Pada kegiatan ini, sebuah program khusus akan terus diperkuat, yaitu BMW Trade-in & Trade-Up. Sebagai pembuka, BMW telah memulai kegiatan ini di Plaza Senayan selama tiga hari pada 15-17 Februari 2019.

Berbagai upaya ini dilakukan BMW untuk semakin meningkatkan penjualan di 2019. Sepanjang 2018 lalu, BMW Group Indonesia mencatat penjualan 3.394 unit kendaraan BMW dan MINI. Angka ini terdiri dari 2.814 kendaraan BMW dan 580 kendaraan MINI.



Sumber: BeritaSatu.com