Tanpa Diskon, Mitsubishi Yakin Xpander Bisa Tandingi Avanza

Tanpa Diskon, Mitsubishi Yakin Xpander Bisa Tandingi Avanza
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) mengapresiasi dan memberikan ruang bagi kreativitas konsumen dengan menampilkan enam Xpander pada ajang pamungkas Xpander Tons of Real Happiness (TorH) di Serpong, Tangerang, Banten, 25–27 Januari 2019. ( Foto: istimewa )
Harso Kurniawan / HK Rabu, 20 Maret 2019 | 21:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mitsubishi dan Toyota sudah mengumumkan perang total di segmen kendaraan multiguna bawah atau low multipurpose vehicle (LMPV) nasional. Di segmen itu, Mitsubishi Xpander dan Toyota New Avanza dan Veloz bersaing keras merebut posisi puncak.

Irwan Kuncoro, direktur divisi penjualan dan pemasaran PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro, mengaku pihaknya enggan mendiskon besar Xpander untuk menggempur Avanza dan Veloz. Tanpa diskon, Mitsubishi meyakini Xpander bisa bersaing dengan Avanza.

“Diskon bukan strategi utama kami, karena itu bakal merugikan konsumen dan juga merek. Kita tahu diskon bakal merusak harga jual kembali mobil,” ujar dia, belum lama ini.

Irwan menegaskan, harga jual kembali yang baik adalah salah satu jualan Xpander, selain kenyamanan, desain atraktif, dan biaya perawatan kompetitif. Untuk bersaing dengan sang rival, Mitsubishi lebih memilih mengampanyekan itu.

Dia juga enggan mengomentari aksi tahan harga para pesaing di segmen LMPV. Sebab, itu merupakan kebijakan masing-masing perusahaan. MMKSI resmi mengerek banderol seluruh varian Xpander, Rp 2 jutaan mulai Maret 2019.

Menurut dia, Xpander sebenarnya sudah menang mutlak atas Veloz di segmen LMPV 1.500 cc tahun lalu. Namun, di total segmen LMPV, Avanza masih unggul dengan selisih 7.000-an unit.

Xpander, kata dia, kembali berhasil mengungguli Avanza pada Januari 2019 dari sisi wholesales (pengiriman mobil dari pabrik ke dealer) dan penjualan ritel pada Februari lalu. Akan tetapi, wholesales dimenangi Avanza.

Data yang diperoleh, wholesales Xpander Februari 2019 mencapai 5.532 unit, di bawah Avanza sebanyak 5.700 unit. Namun, penjualan ritel Xpander mencapai 5.960 unit, sedangkan rivalnya 5.004 unit.



Sumber: Investor Daily