GIIAS 2019 Tampilkan Masa Depan Industri Otomotif

GIIAS 2019 Tampilkan Masa Depan Industri Otomotif
Konferensi pers pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Selasa, 14 Mei 2019 | 20:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah menuntaskan penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019 pada 7 April lalu, rangkaian GIIAS 2019 The Series akan berlanjut di ICE BSD, Tangerang pada 18-28 Juli 2019.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menyampaikan, tema yang diangkat dalam GIIAS 2019 The Series adalah Future in Motion, yang diartikan sebagai sebuah gerakan pengaruh teknologi pada kendaraan listrik, otonom, dan digital. Tema ini juga merepresentasikan transformasi yang terus berlangsung di industri otomotif global.

"GIIAS akan merepresentasikan teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia. Gaikindo fokus menjadikan GIIAS sebagai ajang yang menginspirasi publik dengan kehadiran teknologi otomotif dan transformasi terkininya menuju masa depan," kata Yohannes Nangoi, di acara konferensi pers pelaksanaan GIIAS 2019, di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Menurut Yohannes, perkembangan industri otomotif ada dalam kecepatan penuh, di mana saat ini Indonesia sudah mulai merasakan efek kehadirannya.

"Kehadiran kendaraan hybrid, plug-in hybrid, electric hingga autonomus adalah masa depan otomotif yang musti kita antisipasi kehadirannya. Lewat GIIAS, Gaikindo ingin memberikan edukasi awal tentang berbagai inovasi dari industri otomotif, sehingga Indonesia siap menyambut perubahan positifnya," kata Yohannes.

Sampai dengan 13 Mei 2019, sebanyak 25 pabrikan mobil dunia menyatakan ikut pameran GIIAS 2019 di ICE BSD. Mereka antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mercedes Benz, MINI, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling untuk kendaraan penumpang.

Dari mobil niaga (angkutan barang) hadir enam merek, di antaranya FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Truck. Dari sepeda motor akan hadir 11 merek di antaranya Benelli, Honda, Kawasaki, Kymco, Piaggio, Suzuki, dan Viar.

Dalam penyelenggaraan GIIAS tahun lalu, total transaksi yang berhasil didapatkan sekitar Rp 7 triliun. Namun ditegaskan Yohanes, tujuan utama dari penyelenggaraan GIIAS bukan pada nilai transaksi yang berhasil didapat, tetapi lebih kepada transfer teknologi otomotif terkini dari industri otomotif Indonesia dan dunia.

Setelah di ICE BSD, nantinya penyelenggaraan GIIAS 2019 The Series akan berlanjut di Makassar pada 4-8 September 2019, dan ditutup di Medan pada 23-27 Oktober 2019.



Sumber: BeritaSatu.com