Proses Penjualan Mobil di Indonesia Tak Efisien

Proses Penjualan Mobil di Indonesia Tak Efisien
Ilustrasi Carsome ( Foto: istimewa )
Harso Kurniawan / HK Kamis, 15 Agustus 2019 | 17:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Carsome, platform jual beli mobil bekas, menilai, proses jual beli mobil bekas dan baru di Indonesia tak efisien. Itu sebabnya, Carsome menawarkan solusi menjual mobil cepat.

Hal ini mencuat dalam diskusi yang digelar Carsome dan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) bertajuk “Mendorong Pertumbuhan Industri Otomotif Indonesia melalui Efisiensi Penjualan Mobil Bekas. Diskusi ini bertujuan memahami pasar otomotif nasional yang rumit, namun menyimpan potensi besar.

"Penting bagi kami untuk mengukur kembali apa saja yang sudah kami capai dan bagaimana kami bisa mengoptimalisasi peran kami di Indonesia,” ungkap Country Manager Carsome Andreas Djingga dalam keterangan resmi, Kamis (15/8/2019).

Sektor otomotif di Asia Tenggara memang sedang booming. Otomotif menjadi industri yang menguntungkan berkat populasi yang besar dan gelombang urbanisasi dalam beberapa dekade terakhir ini. Di wilayah ini, Indonesia muncul sebagai salah satu pasar paling besar dan menarik. Pada 2018, Asean Automotive Federation mencatat, penjualan mobil baru di Indonesia mencapai 1.151.291 unit, naik 7% dari tahun sebelumnya.

Dia menuturkakn, proses jual beli mobil baru di Indonesia masih kurang efisien, karena calon pembeli harus berinteraksi dengan dealer dan perusahaan pembiayaan.

Pemerhati otomotif Gesit Prayogi menuturkan, Carsome memberikan solusi bagi para penjual mobil bekas berdampak positif terhadap industri otomotif secara umum. “Kehadiran platform seperti Carsome membuat perputaran modal di industri otomotif berlangsung dengan efisien, sehingga pembelian mobil berikutnya juga menjadi lebih cepat. Apalagi, dengan mendapat penawaran terbaik, penjual mobil memiliki lebih banyak pilihan untuk mengganti mobil baru,” papar Gesit.

Sebagai platform daring untuk jual mobil, Andreas menuturkan, Carsome menawarkan akses ke inspektor berpengalaman dan akses ke ratusan dealer terverifikasi di Jabodetabek. Alhasil, proses jual mobil bekas yang biasanya selesai 2-3 bulan, bisa selesai sangat cepat dalam satu hari saja. Artinya, dalam satu hari, sang penjual sudah memiliki kapital segar untuk membeli mobil barunya.

Kini, Carsome berhasil membuktikan diri sebagai kekuatan yang perlu diperhitungkan dalam besarnya pasar jual mobil bekas di Jabodetabek. Jumlah penawaran per Juli 2019 mencapai 6.000, naik 20% dari tahun lalu. Hingga kini, Carsome telah menjalin kemitraan dengan 1.150 dealer se-Jabodetabek, sambil berupaya memperluas jaringan operasionalnya ke kota-kota lain di Indonesia.



Sumber: Investor Daily