Uji Irit All New Ertiga, Bisa Tempuh 33 km per Liter

Uji Irit All New Ertiga, Bisa Tempuh 33 km per Liter
Deretan mobil All New Ertiga di halaman pabrik perakitan Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, 28 Agustus 2019. ( Foto: Beritasatu / Heru Andriyanto )
Heru Andriyanto / HA Kamis, 29 Agustus 2019 | 23:49 WIB

Cirebon, Beritasatu.com - PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mengklaim mobil penumpang All New Ertiga bisa menempuh 33 km per liter bensin dalam perjalanan normal dengan alat pendingin (AC) menyala, setelah pengujian yang melibatkan puluhan wartawan termasuk dari Beritasatu.com, Rabu (28/8/2019) kemarin.

Pengujian tingkat konsumsi bahan bakar dilakukan dari pabrik perakitan Ertiga di Cikarang menuju Keraton Kasepuhan Cirebon, menempuh jarak 184 km menurut pengukuran yang dilakukan tim Suzuki.

Rombongan melibatkan 27 wartawan dalam tujuh mobil, terbagi dalam kategori transmisi otomatis dan manual.

Sebelum diberangkatkan pukul 09.30 WIB, setiap mobil diisi bahan bakar penuh hingga ke mulut tangki, kemudian ditutup dan disegel. AC mobil juga dinyalakan dan kemudian semua tombol AC disegel agar tidak dimatikan atau dikecilkan.

Setiap mobil berisi tiga atau empat orang.

Perjalanan dilakukan menempuh jaur tol Cikampek hingga Cirebon, dalam kondisi lalu lintas yang relatif lengang dan lancar. Kemacetan baru mulai terasa ketika memasuki kota Cirebon, di mana para peserta berhenti sejenak untuk makan siang.

Waktu tempuh tujuh mobil tersebut antara 2 jam 54 menit sampai 3 jam 23 menit. Setelah rehat, dilanjutkan perjalanan 10 menit ke garis finis di Keraton Kasepuhan. Di situlah pengukuran dilakukan.

Full-to-full
Dengan latar belakang Keraton Kasepuhan kuno yang legendaris dan megah, dimulailah pengukuran tingkat konsumsi bahan bakar satu demi satu mobil yang mengikuti uji coba tersebut.

Dipimpin oleh Aris Indratmojo., staf strategic planning divisi public relations PT SIS, kru panitia melepas segel pada fuel cap. Kemudian dituangkan bahan bakar sampai kembali penuh ke mulut tangki.

Berapa jumlah bahan bakar yang dibutuhkan untuk membuat tangki kembali penuh, itulah konsumsi riil mobil tersebut selama menempuh rute Cikarang-Cirebon. Ingat, sebelum berangkat semua tangki mobil juga diisi penuh, sehingga metode pengukuran ini disebut full-to-full.

Makin sedikit volume yang dibutuhkan untuk mengisi penuh tangki, makin irit mobil tersebut.

Hasil terbaik dari All New Ertiga bertransmisi manual adalah 5,5 liter.

“Kita sudah dapat pemenangnya, dengan konsumsi bahan bakar 5,5 liter untuk menempuh rute Cikarang-Cirebon dengan jarak 184 km. Artinya, satu liter bahan bakar bisa menempuh 33,45 km,” kata Aris saat mengumumkan hasilnya.

Pengukuran tingkat konsumsi BBM Suzuki All New Ertiga.

Pengukuran tingkat konsumsi bahan bakar Suzuki All New Ertiga di Cirebon, 28 Agustus 2019. (Heru Andriyanto)

Dibandingkan pengujian sebelumnya, hasil ini merupakan rekor baru walau hanya selisih beberapa mililiter.

Untuk kategori transmisi otomatis, mobil yang ditumpangi wartawan Sindonews, Republika, OLX, dan CNN Indonesia menjadi yang terbaik dengan konsumsi bahan bakar 6,2 liter, atau 29,67 km per liter.

Termahal Rp 251 Juta
All New Ertiga diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 19 April 2018. Sedangkan varian terbaru atau All New Ertiga Suzuki Sport (SS) diluncurkan pada 22 Maret lalu.

Dari tujuh varian yang ada, harganya berada dalam rentang Rp 196 juta hingga Rp 251 juta on the road.

Tipe sport bertransmisi otomatis, yang merupakan varian tertinggi, sudah dilengkapi fitur electronic stability program atau bantuan stabilitas terkomputerisasi saat menikung tajam, dan hill hold control atau bantuan menahan posisi mobil dalam kondisi berhenti di tanjakan.

Baca juga: Tips Mengemudi Irit BBM dari Suzuki

Selain itu, grille dan desain lampu LED tipe sport berbeda dengan tipe-tipe lainnya. Tipe SS ini juga dilengkapi kamera belakang.

Keunggulan lain Ertiga di kelas low MPV (multi-purpose vehicle) adalah fitur keyless engine start dengan teknologi anti-maling.

Periode Januari-Juli 2019, penjualan retail All New Ertiga mencapai 15.710 unit, dengan kenaikan cukup besar 32,3% antara Juni dan Juli. Pada periode yang sama, ekspor All New Ertiga dari pabrik di Cikarang juga mampu menyaingi penjualan domestik, dengan angka 14.865 unit baik CKD maupun CBU.



Sumber: BeritaSatu.com