BMW Incar Posisi Puncak Pasar Mobil Premium di Surabaya

BMW Incar Posisi Puncak Pasar Mobil Premium di Surabaya
Peluncuran All New BMW Seri 3 di Surabaya. ( Foto: istimewa )
Amrozi Amenan / HK Jumat, 30 Agustus 2019 | 20:23 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - BMW Indonesia dan PT Astra International-BMW Sales Operation meriis All-New BMW Seri 3 di Surabaya, Jawa Timur, guna memacu pangsa pasar di kawasan ini.

“Dengan memperkenalkan sedan sporty ini, BMW diharapkan menjadi pemimpin pangsa pasar mobil premium di Surabaya dan membuat standar baru, terutama untuk kendaraan sport premium, serta bisa memenuhi kebutuhan pelanggan di Surabaya akan kendaraan sedan sporty berukuran ideal untuk keadaan urban dan kota. Mobil ini juga bisa digunakan untuk akhir pekan dan untuk aktivitas sehar-hari dari rumah ke kantor,” kata Director of Communication BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, Kamis (29/8).

Jodie memaparkan, BMW Seri 3 merupakan salah satu penopang penjualan BMW di Indonesia . Untuk itu, dalam memperkenalkan generasi terbaru BMW Seri 3, BMW Indonesia bersama PT Astra International–BMW Sales Operation menggelar kegiatan roadshow di empat kota, dimulai di Jakarta pada 17 Agustus, kemudian dilanjutkan di Semarang pada 22 Agustus, dan mulai 29 Agustus di Surabaya dan Bali pada 6 September nanti.

“Di Indonesia, penjualan kami paling banyak memang di Jabodetabek. Tetapi, Surabaya juga kota yang memberi kontribusi cukup besar dan BMW Seri 3 termasuk paling tinggi, sekitar 30%. Generasi keenam BMW Seri 3 memang sudah lama diluncurkan, hampir enam tahun lalu. Penjualan akan turun seiring usia kendaaraan. Peluncuran ini tentu akan meningkatkan penjualan kita di Surabaya,” paparnya.

Jodie menyebutkan, populasi kendaraan premiun saat ini tidak sampai 1%. Dengan demikian, pasar kendaraan premium masih akan terus tumbuh, meskipun total pasar turun semester I tahun ini.

“Pasar mobil premium tetap stabil sampai saat ini. Itu pula kenapa kami meluncurkan All New Seri 3 ini, karena sedan itu sangat erat kaitannya dengan pasar premium, terutama di Surabaya,” tandas dia.

Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto menambahkan, pasar kendaraan premium cukup stabil dan berpeluang terus tumbuh, terutama setelah pemilu. Contohnya, kuota SUV premium BMW X7 yang dibanderol Rp 2,419 juta (off-the-road) sebanyak 20 unit untuk Indonesia sudah ludes. Padahal, mobil ini baru diperkenalkan ke pelanggan serta khalayak pada gelaran GIIAS 2019.

“Dengan kondisi pasar kendaraan premium yang cenderung stabil, momen peluncuran kendaraan premium sport ini sangat tepat, karena Agustus ini, tren penjualan naik. Momen ini juga sudah kami rencanakan dengan dealer Astra agar bisa menjangkau pasar Surabaya lebih besar lagi,” ujar dia.



Sumber: Investor Daily