BMW i8 Roadster dan Tesla Model 3 Hadir di IEMS

BMW i8 Roadster dan Tesla Model 3 Hadir di IEMS
BMW i8 Rooadster dipamerkan di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS), Balai Kartini, Jakarta, 4 September 2019. ( Foto: Beritasatu / Heru Andriyanto )
Heru Andriyanto / HA Kamis, 5 September 2019 | 07:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Meskipun gaungnya tidak setenar pameran otomotif lainnya di Indonesia, ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) yang digelar Rabu (4/9/2019) dan hari ini menghadirkan sejumlah "bintang tamu" kelas dunia di Balai Kartini, Jakarta.

Pusat perhatian pengunjung ada pada mobil listrik Tesla Model 3 dan mobil plug-in hybrid BMW i8 Roadster yang tampil anggun di ruang pamer.

Tesla Model 3. (Heru Andriyanto)

Mitsubishi menampilkan dua model elektrik dan hybrid yang menjadi andalannya di pasar global yaitu Outlander PHEV dan mobil mungil MiEV, sementara Nissan memamerkan varian terbaru Leaf.

Toyota membawa sejumlah model, dari three-wheeler listrik i-Road sampai mobil hidrogen Mirai. Tak ketinggalan pabrikan Tiongkok, Wuling, pemain baru di pasar otomotif Indonesia yang membawa mobil listrik mungil G 200.

Toyota i-Road. (Heru Andriyanto)

Jajaran mobil-mobil teknologi tinggi yang sangat hemat bahan bakar dan ramah lingkungan itu memberi bobot tersendiri pada IEMS 2019 yang hanya digelar dua hari dengan area tak sampai seperempat luasnya dari gelaran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) misalnya.

BMW i8 Roadster seharga Rp 4 miliar sangat menarik perhatian karena diposisikan dekat pintu masuk tanpa banyak batasan. Semua pengunjung boleh memegang bodi dan masuk kabin. Dua pintu dengan rancangan scissor doors terbuka penuh untuk para pengunjung, demikian juga penutup bagasi belakang yang terbagi dengan ruang penyimpan atap kanvas ketika dibuka.

Varian roadster adalah yang paling mahal karena membutuhkan tambahan teknologi untuk membuka atapnya dalam waktu 15 detik ketika mobil berjalan.

Tesla, yang juga sudah dijual di Indonesia, menghadirkan satu Model 3 warna putih. Banyak pengunjung tak menyangka ketika melihat interior pengemudi dengan dasbor yang nyaris kosong tanpa tombol. Fitur-fitur di mobil Tesla sebagian besar dicantumkan dalam monitor layar sentuh di tengah konsol.

Pembelian secara kredit untuk Tesla atau Raodster butuh uang muka paling tidak Rp 1 miliar.

Mitsubishi Outlander PHEV tidak seperti Outlander bensin yang banyak beredar di Indonesia. Badannya jauh lebih besar dan panjang, dengan bagasi yang sangat luas. Sedangkan MiEV dipamerkan sebagai "kendaraan listrik pertama di Indonesia yang lulus uji tipe".

Mitsubishi Outlander PHEV. (Heru Andriyanto)

Nissan Leaf yang didatangkan sudah jauh berbeda dari generasi pertamanya. Sepintas mirip penampilan Toyota Yaris.

Sedangkan Mercedes menghadirkan model pulug-in hybrid E 300 EQ Power.



Sumber: BeritaSatu.com