Resmikan Pabrik Esemka, Jokowi: Wajib Kita Beli Barang Ini

Resmikan Pabrik Esemka, Jokowi: Wajib Kita Beli Barang Ini
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi serta Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya meresmikan pabrik mobil merek ESEMKA di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). ( Foto: Humas Kemperin )
Whisnu Bagus Prasetyo / Carlos KY Paath / WBP Jumat, 6 September 2019 | 15:25 WIB

Boyolali, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik dan prasarana produksi mobil nasional yakni PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng).

Meski tidak ingin memaksa masyarakat Indonesia membeli Esemka, namun Jokowi mimta semua pihak mendukung produk tersebut. "Kalau lihat produknya, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat, sudah tes, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan, apalagi yang impor," kata Jokowi di sela peresmian pabrik Esemka di Boyolali, Jumat (6/9/2019).

Dia mengatakan, peresmian pabrik Esemka guna mendukung pengembangan industri otomotif nasional. "Jadi banyak yang bertanya kenapa saya mau meresmikan pabrik Esemka ini. Ya karena saya ingin mendukung pengembangan industri otomotif nasional. Mendukung merek lokal, mendukung merek nasional. Itu saja jawabannya," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, mobil Esemka adalah brand dan principalnya Indonesia. "Ini adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun lalu oleh para teknisi, anak-anak SMK. Ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semuanya," kata Jokowi.

Dia mengatakan, sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan principal Indonesia, keberanian PT Solo Manufaktur Kreasi perlu diacungi jempol. "Tidak mudah, tidak gampang, masuk pasarnya ini juga tidak gampang dan tidak mudah. Tetapi kalau kita sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya kita sendiri, brand dan principal kita sendiri, ini akan laku," kata Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com