Tips Memimpin di Tengah Pandemi Ala Naoya "Rocky" Takai

Tips Memimpin di Tengah Pandemi Ala Naoya
Presiden Direktur PT Kramayudha Tiga Berlian, Naoya Takai. (Foto: istimewa)
Irawati D Astuti / IDS Kamis, 21 Mei 2020 | 11:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bagi Naoya Takai, memimpin perusahaan besar seperti PT Kramayudha Tiga Berlian (KTB) yang mendistribusikan Mitsubishi Fuso di Indonesia bukanlah hal yang baru. Sebelumnya, pria yang akrab disapa Rocky ini pernah ditugaskan oleh Mitsubishi Corporation ke beberapa negara lain, mulai dari Inggris, Perancis, Amerika Serikat, hingga Rusia.

Namun, periode kepemimpinannya di Indonesia kali ini amat berbeda. Sebab, tak lama setelah resmi menjabat sebagai Presiden Direktur KTB pada April lalu, ia harus menghadapi terpaan badai yang disebabkan pandemi Covid-19. Rocky pun mengaku kondisi yang dihadapinya sangat menantang.

"Situasi seperti ini tentu sulit bagi semua Presiden Direktur di bidang apapun. Sungguh menantang untuk memimpin di kondisi seperti sekarang," tuturnya dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Namun, Rocky enggan patah semangat. Ia terus berusaha mencari celah agar bisnis yang digelutinya selama 25 tahun ini tetap bisa bertahan di tengah pandemi.

Untuk itu, ia pun mengefektifkan komunikasi dengan semua lini yang ia pimpin melalui pertemuan virtual. Dengan demikian, ia bisa menemukan strategi apa yang efektif untuk berbisnis di tengah situasi seperti sekarang ini.

Rocky mengaku optimistis perusahaan yang dipimpinnya akan bisa melalui badai ini dengan baik. Yang penting, katanya, semua tetap mengedepankan empati, bukan semata-semata mengejar keuntungan belaka.

Untuk menunjukkan kesungguhannya memimpin KTB, Rocky lantas membuka rahasia. Saat ini, ia sedang mempelajari bahasa Indonesia dengan intensif agar bisa berkomunikasi dengan baik.

"Saya belajar bahasa Indonesia dua kali dalam seminggu sejak Maret. Makanya saya bisa sedikit mengerti apa yang teman-teman bicarakan di sini," tutur penggemar band Armada ini seraya tersenyum.



Sumber: BeritaSatu.com