Warna-warni Kain Gendongan di Kampoeng Peranakan

Warna-warni Kain Gendongan di Kampoeng Peranakan
Parade fashion show bertajuk Putri Peranakan di Aeon Mall BSD, Jumat 1 Februari 2019. ( Foto: istimewa )
Elvira Anna Siahaan / EAS Sabtu, 2 Februari 2019 | 20:00 WIB

Serpong, Beritasatu.com - Kain gendong jarik selama ini hanya dikenal sebagai kain untuk menggendong balita. Kenyamanan yang diberikan lewat sehelai kain ini, konon bisa membuat sang anak tertidur pulas. Namun di tangan desainer Anne Avantie, kain gendong jarik naik tingkat menjadi busana bergaya elegan. 

Dalam parade show bertajuk Putri Peranakan di Kampoeng Peranakan, di Aeon Mall BSD, Anne Avantie menampilkan puluhan gaya busana dengan kain lurik. Bukan hanya untuk wanita saja, ternyata kain lurik ini pun terlihat elegan saat dikenakan kaum Adam. 

Ditemui Beritasatu.com di sela-sela parade, pekan lalu, Anne Avantie mengatakan kain lurik yang identik dengan Indonesia justru bisa dikombinasi dengan gaya busana Tionghoa. Dalam show kali ini, Anne Avantie menonjolkan kerah cheongsam, yang menandakan budaya Tionghoa. 

"Dulu saya berpikir kerah cheongsam hanya milik Tionghoa. Sekarang saya pun memadukan dua budaya menjadi satu busana kesatuan," kata Anne Avantie. 

Parade show Putri Peranakan milik Anne Avantie hadir di Pasar Tiban sejak 31 Januari hingga 13 Februari 2019. Dalam pasar tersebut pengunjung bisa melihat puluhan busana batik dengan harga yang variatif. Kehadiran Pasar Tiban milik Anne Avantie ini sekaligus untuk merayakan kehadiran Imlek 2019. 

Ditambahkan Juanita Rustandi selaku Senior Operation Manager PT. AMSL Indonesia, kehadiran Pasar Tiban dengan tema khusus Kampoeng Peranakan terinspirasi suasana pasar Semawis di Semarang. Diketahui pasar Semawis adalah salah satu pasar Pecinan yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Anne Avantie pun berharap kehadiran Pasar Tiban di Aeon Mall akan selalu membawa keramaian.

Sesuai dengan tema, Pasar Tiban menghadirkan berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek, seperti tradisi Yusheng, Tari Kipas dan pertunjukan Barongsai. Tidak hanya itu, Pasar Tiban juga menyelenggarakan acara yang bersifat edukatif seputar fashion melalui bermacam talk show yang dipandu langsung oleh Anne Avantie seperti padu padan kebaya bordir, seni melilit kain, dan Sarung Emak Bersama Dewi Motik.



CLOSE