Jakarta Ramadan 2019

Menjaga Gaung Ketenaran Modest Fashion Indonesia

Menjaga Gaung Ketenaran Modest Fashion Indonesia
Para desainer dalam dan luar negeri yang turut meramaikan Jakarta Ramadan, pada 7-14 Mei 2019 di Plaza Indonesia. ( Foto: Dina fitri anisa )
Dina Fitri Anisa / EAS Kamis, 9 Mei 2019 | 14:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam upaya menjaga gaung modest fashion Indonesia yang semakin mendunia, event Jakarta Ramadan hadir pada 7-14 Mei 2019 di Plaza Indonesia.

Digagas oleh #Markamarie, event ini akan berlangsung meriah dengan aneka ragam kegiatan, mulai dari trunkshow, talk show dan workshop.

Pendiri #Markamarie sekaligus Modest Fashion Weeks Global, Franka Soeria, menyampaikan Jakarta Ramadan menjadi oase gaya hidup modest (mengenakan busana tertutup atau sopan) yang akan memberikan ragam informasi bermanfaat. Tidak hanya fashion, tetapi juga sosial, bisnis, seni, kecantikan, hingga teknologi.

"Kita ingin mendorong modest fashion di Indonesia lebih dari sekadar tren dan gaya. Apa sebenarnya arti penting di balik kata modest? Itulah yang kami ingin sampaikan. Kami ingin desainer tidak hanya fokus berkarya dan berkompetisi, tetapi juga harus bisa menginspirasi,” terang Franka saat dijumpai Beritasatu.com usai pembukaan Jakarta Ramadan, Rabu (8/5/2019).

Dalam kesempatan yang sama Franka ingin menyebarkan kebaikan dalam Jakarta Ramadan melalui Fashion for Good, persembahan #Markamarie X UNHCR.

Fashion for Good berakar dari Benang Project, yakni sebuah program sosial yang digagas Franka Soeria melalui #Markamarie yang menyediakan pelatihan bagi para pengungsi internasional yang berada di Indonesia.

“Pelatihan ini termasuk kemampuan mendesain, membuat pola, menjahit, menciptakan brand, teknik pemotretan, hingga fashion show untuk membantu para pengungsi menyatu lebih baik dengan masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Secara nyata, karya besar Benang Project telah mendapat perhatian dunia setelah diperkenalkan #Markamarie di berbagai perhelatan fashion internasional, yakni di Jakarta, Paris, Istanbul dan Dubai.

14 Busana
Dalam kesempatan yang sama, Founder #Markamarie lainnya, Ismail Semin menjelaskan, pada perhelatan pertama, Jakarta Ramadan mempersembahkan 14 peragaan busana, 20 gerai, rangkaian talk show dan workshop bersama influencer, selebritis dan komunitas terkemuka Indonesia.

Ia pun menjelaskan, setelah pagelaran Jakarta Modest Fashion Week 2018 yang sukses menghadirkan puluhan desainer internasional dan tanah air. #Markamarie menargetkan diri menjadi gate of modest fashion in Asia melalui berbagai kolaborasi strategis di lokal dan internasional.

Untuk itulah Jakarta Ramadan turut menghadirkan desainer lokal dan internasional dalam panggung yang sama.



Sumber: BeritaSatu.com