Dovizioso Pecundangi Marquez di Lap Terakhir GP Qatar

Dovizioso Pecundangi Marquez di Lap Terakhir GP Qatar
Pembalap Ducati Andrea Dovizioso (kanan) bertarung ketat dengan pembalap Honda Marc Marquez di GP Qatar, 10 Maret 2019. ( Foto: MotoGP.com )
Heru Andriyanto / HA Senin, 11 Maret 2019 | 01:10 WIB

Losail, Beritasatu.com - Andrea Dovizioso memenangi duel klasik melawan juara dunia Marc Marquez untuk menjuarai balapan pembuka 2019 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (10/3/2019) malam waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Pembalap Ducati itu sudah memimpin balapan sejak putaran pertama, tetapi mulai mendapat gangguan dari Marquez dan pembalap Suzuki Alex Rins sejak putaran ketujuh. Yang terakhir ini bahkan sempat memimpin dan terus saling bertukar posisi dengan Dovi.

Kesalahan Rins yang terlalu melebar ketika balapan 22 putaran itu tinggal menyisakan empat putaran membuat duel posisi terdepan dikuasai oleh Dovi dan Marquez.

Dovi juga sempat membuat kesalahan dua putaran menjelang finis, dan langsung dimanfaatkan Marquez untuk mengambil alih posisi terdepan. Masuk putaran terakhir tepat di trek lurus, Desmosedici GP 19 yang lebih bertenaga membuat Dovi kembali melibas si pembalap Honda.

Tercatat ketika peristiwa itu terjadi, top speed Ducati mencapai 345 km/jam, sementara Marquez mencatat 342km/jam.

Pertarungan berlanjut hingga garis finis dan akhirnya Dovi unggul hanya 0,023 detik.

Podium ketiga ditempati pembalap veteran LCR Honda Cal Crutchlow, sementara Rins harus puas di posisi keempat.

Valentino Rossi menjadi pembalap Yamaha terbaik pada Grand Prix Qatar dengan menempati posisi lima, cukup bagus mengingat dia memulai balapan dari urutan 14. Di belakangnya adalah pembalap Ducati Danilo Petrucci.

Rekannya, Maverick Vinales, tampil mengecewakan meskipun menguasai pole position. Start dilakukan dengan buruk dan dia langsung tercecer di urutan ketujuh. Praktis di sepanjang balapan dia tak mampu beranjak dari posisi tersebut, karena akselerasi Yamaha M1 tak cukup untuk menyalip baik di trek lurus maupun saat keluar tikungan dan akhirnya hanya finis ketujuh. Tanpa progress sejak lap pertama, itulah gambaran Vinales di Losail.

Joan Mir meraih poin pertamanya pada debutnya di MotoGP di atas motor Suzuki dengan finis kedelapan, di depan rookie lainnya Takaaki Nakagami (LCR Honda).

Melengkapi posisi 10 besar adalah pembalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro.

Bagaimana dengan Jorge Lorenzo? Pembalap Repsol Honda itu rupanya masih berkutat dengan masalah cedera pergelangan tangan, atau dia belum mampu beradaptasi dengan Honda RC213V. Dia hanya finis di urutan 13.



Sumber: Fox Sports TV