Menang Mudah di Jerez, Marquez Kembali ke Puncak Klasemen

Menang Mudah di Jerez, Marquez Kembali ke Puncak Klasemen
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. ( Foto: MotoGP.com )
Heru Andriyanto / HA Minggu, 5 Mei 2019 | 20:08 WIB

Jerez, Beritasatu.com - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez tampil dominan di Sirkuit Jerez, dengan merebut posisi terdepan saat start dan tidak terkejar lagi hingga finis di Grand Prix Spanyol, Minggu (5/5/2019). 

Kemenangan ini membuat dia kembali ke puncak klasemen, hanya unggul 1 poin atas rival terdekat. Sebelum balapan dimulai, dia berada di posisi empat klasemen karena gagal finis di Grand Prix Amerika Serikat bulan lalu.

Para pembalap tuan rumah memastikan all-Spanish podium setelah Alex Rins membawa Suzuki finis kedua, terpaut 1,654 detik dari Marquez, dan melanjutkan momentum kebangkitannya setelah untuk pertama kali menjadi juara grand prix MotoGP di Austin. Sebagai catatan, Rins memulai balapan di Jerez dari posisi sembilan.

Pembalap Yamaha Maverick Vinales mengatasi perlawanan pembalap Ducati Andrea Dovizioso di tiga putaran terakhir untuk merebut podium terakhir.

Keberhasilan Vinales tidak terlepas dari kegagalan dua rekannya di tim satelit Yamaha SRT. Pole-sitter Fabio Quartararo mengalami nasib sial akibat kendala mekanik yang membuatnya tidak bisa memindah gigi di putaran ke-11, saat dia nyaman di posisi kedua. Akhirnya dia kembali ke pit.

Sementara Franco Morbidelli, yang start dari posisi kedua, mulai kedodoran memasuki paruh kedua balapan dan kehilangan akselerasi sehingga disalip banyak pembalap dan harus puas finis ketujuh.

Finis kelima di belakang Dovizioso adalah rekan setimnya Danilo Petrucci. Pembalap veteran Yamaha Valentino Rossi, yang memulai dari posisi ke-13, akhirnya menuntaskan balapan di urutan keenam.

Duo LCR Honda Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami berturut-turut finis di urutan delapan dan sembilan, disusul pembalap wildcard Stefan Bradl di tim HRC.



Sumber: Fox Sports TV