Vinales Diganjar Penalti Mundur Tiga Posisi di GP Catalunya

Vinales Diganjar Penalti Mundur Tiga Posisi di GP Catalunya
Maverick Vinales (kiri) dan Andrea Dovizioso. ( Foto: MotoGP.com )
/ JAS Minggu, 16 Juni 2019 | 07:48 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Tingkah Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang melakukan sejumlah wheelie menggunakan motornya di akhir babak kualifikasi GP Catalunya berbuah penalti mundur tiga posisi start di balapan Minggu (16/9/2019).

Pebalap asal Spanyol itu finis ketiga tercepat di kualifikasi di belakang pole-sitter Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Marc Marquez (Repsol Honda) namun diganjar penalti karena dianggap menghalangi Quartararo ketika kualifikasi, Sabtu (15/6/2019) waktu setempat.

"Jujur aku tidak tahu mau berkata apa," kata Vinales usai diturunkan ke posisi start ke enam seperti dikutip AFP.

"Aku kira aku melihat bendera dan mulai melakukan salut ke penonton dengan wheelie, aku baru melihat Fabio setelah itu, aku tak menyangka dia (di belakang)."

Maverick Vinales

Walaupun Vinales mengaku tak sengaja dan telah meminta maaf, steward balapan memandang sang pembalap Spanyol itu "tidak bertanggung jawab, dengan kecepatan rendah di trek dan menghalangi pebalap lain."

Posisi start terdepan dalam balapan di Spanyol ini akan diisi pembalap pemula Fabio Quartararo. Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT tersebut meraih pole position keduanya musim ini setelah menjadi yang tercepat di kualifikasi GP Catalunya, Sabtu.

Pembalap asal Prancis itu menorehkan waktu tercepat 1 menit 39,484 detik, unggul dengan margin sangat tipis 0,015 dari pembalap tuan rumah Marc Marquez (Repsol Honda) yang berada di peringkat dua.

Musim ini Quartararo dinobatkan menjadi pembalap MotoGP termuda yang meraih pole position usai mengunci posisi start pertama di Jerez.

Pole position keduanya musim ini diraihnya 11 hari setelah sang pebalap berusia 20 tahun itu menjalani operasi lengan kanan.

 



Sumber: ANTARA/AFP