MPGA Jadi Operator MotoGP Indonesia

MPGA Jadi Operator MotoGP Indonesia
Manajemen Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai operator penyelenggaraan sekaligus pengelola event MotoGP di Mandalika Indonesia 2021 berfoto bersama. ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Jumat, 15 November 2019 | 08:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membentuk secara resmi sekaligus memperkenalkan Mandalika Grand Prix Association (MPGA) sebagai operator penyelenggara MotoGP Indonesia yang bernama resmi #IndonesianGP. Ajang balap motor kelas dunia tersebut dijadwalkan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok NTB pada musim balap 2021.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan membutuhkan badan profesional yang berpengalaman dan kompeten yang tepat untuk menyukseskan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika. Pihaknya sadar pada satu titik untuk membentuk tim super dan harus menyelenggarakan balap tahun 2021.

"Maka dari itu, kami membentuk MGPA dan mereka nantinya akan secara penuh menjalankan penyelenggaraan ini dan juga menjadi race promotor. Mulai saat ini, segala urusan MotoGP Indonesia ada di tangan MGPA. Mereka bertanggung jawab terhadap semua masalah teknis pelaksanaan Indonesian GP,” ujar Abdulbar saat memperkenalkan MGPA di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

MGPA telah dipercaya oleh ITDC untuk mengambil alih tanggung jawab pelaksanaan penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Diakui urusan administrasi dengan Dorna Sports sebagai pemegang lisensi MotoGP sudah beres, termasuk kontrak penyelenggaraan yakni Mandalika ditunjuk untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP selama 5 tahun mulai tahun 2021.

CEO MGPA, Ricky Baheramsjah mengatakan pembangunan Mandalika Street Circuit telah dilakukan sejak September 2019 lalu dan saat ini telah memasuki tahap ground work dengan progress mencapai 30 persen. Sementara kegiatan pengaspalan akan dimulai pada Januari 2020. Hingga saat ini, progres pembangunan kabarnya masih berjalan dengan baik. ITDC pastikan Mandalika Street Circuit dapat selesai pada akhir 2020 dan pelaksanaan MotoGP Indonesia dapat dilaksanakan pada 2021.

Seperti yang diumumkan oleh Dorna, Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu lokasi tes pra-musim 2021, jika MotoGP Indonesia masuk ke dalam kalender 2021. Tes pra-musim diperkirakan akan berlangsung pada Februari atau Maret 2021, sebelum dimulainya musim baru Moto GP 2021.

“Kami yakin siap untuk menjamu tes pra-musim MotoGP 2021 seperti yang direncanakan oleh Dorna. Untuk itu kami akan memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika selesai sesuai jadwal, sehingga MotoGP Indonesia dapat masuk kalender balap 2021,” ungkap Ricky.

“Kami optimistis event MotoGP 2021 yang dilangsungkan di Sirkuit Mandalika dapat berjalan dengan lancar karena banyaknya dukungan dari berbagai pihak. Ini tidak lepas dari semangat bahwa MotoGP Indonesia 2021 adalah event milik Indonesia, milik kita bersama, bukan hanya event milik ITDC atau MGPA. Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat menghadirkan event yang kita tunggu bersama ini,” tutup Ketua Steering Committee MGPA Happy Harinto. 



Sumber: Suara Pembaruan