AHM Luncurkan Motor Listrik PCX Electric

AHM Luncurkan Motor Listrik PCX Electric
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda PCX Electric, di Jakarta, Kamis, 31 Januari 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / JAS Kamis, 31 Januari 2019 | 16:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah sebelumnya menghadirkan Honda PCX Gasoline dan Hybrid, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya resmi meluncurkan Honda PCX Electric untuk pasar Indonesia. Motor listrik ini juga diproduksi secara lokal di pabrik perakitan AHM yang ada di Sunter, Jakarta Utara.

Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma menyampaikan, Honda PCX Electric merupakan perwujudan roadmap AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor sesuai perkembangan tren kendaraan saat ini, sekaligus menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik.

"Honda PCX Electric merupakan sepeda motor listrik pertama Honda untuk Indonesia. Model ini adalah perpaduan dari motor berdesain premium dan kelengkapan fitur canggihnya dengan teknologi elektrifikasi pada keseluruhan sistem penggeraknya," kata Toshiyuki Inuma, di peluncuran Honda PCX Electric yang dihadiri Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (31/1).

Honda PCX Electric dilengkapi dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack. AHM juga menyiapkan dua pilihan mode pengisian daya baterai, yakni off-board charging dengan mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi, atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan menggunakan alat pengisian daya khusus (on-board charging).

Dua unit baterai portabel ini mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 kilometer dalam sekali pengisian penuh. Hasil ini didapatkan berdasarkan hasil pengujian AHM dengan kecepatan rata-rata 40 kilometer per jam secara konstan.

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman menambahkan, Honda PCX Electric merupakan tonggak pertama dalam mengembangkan produk motor listrik. Tidak hanya menjual produk motor listrik saja, AHM juga menyiapkan secara bertahap mulai dari infrastuktur, layanan, sumber daya manusia, dan skema bisnis tersendiri untuk Honda PCX Electric.

"Kami telah menyiapkan fasilitas penggantian baterai di beberapa lokasi, dan juga kesiapan tim dan teknisi kami yang 7X24 jam akan melayani konsumen," ujar Loman.

Untuk tahap awal, fasilitas penggantian baterai tersedia di tiga lokasi di Jakarta, sementara fasilitas after sales hadir di lima lokasi di Jakarta.



Sumber: BeritaSatu.com