Resmi Diluncurkan, Honda PCX Electric Hanya untuk Disewa

Resmi Diluncurkan, Honda PCX Electric Hanya untuk Disewa
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda PCX Electric, di Jakarta, Kamis, 31 Januari 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / CAH Kamis, 31 Januari 2019 | 17:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda PCX Electric, sepeda motor listrik pertama Honda untuk pasar Indonesia. Motor listrik ini juga diproduksi secara lokal di pabrik perakitan AHM yang ada di Sunter, Jakarta Utara.

Marketing Director AHM, Thomas Wijaya menyampaikan, pada tahap awal ini, AHM belum akan menjual Honda PCX Electric kepada konsumen. Skema bisnis yang dijalankan berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis perusahaan, maupun kepada institusi pemerintah.

"Untuk penyewaan, kita juga tidak menyasar perorangan langsung, tetapi lebih ke B2B, ke perusahaan dan institusi pemerintah. Kita akan mempelajari dan menyesuaikan secara bertahap mengikuti perkembangan motor listrik ke depannya," kata Thomas Wijaya, di peluncuran Honda PCX Electric yang dihadiri Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (31/1).

Dengan memilih skema bisnis penyewaan, Thomas berharap akan ada evaluasi dari pengguna yang bisa dipelajari bersama untuk penyempurnaan produk selanjutnya, misalkan terkait kebiasaan pengguna, rata-rata kecepatan, hingga jangkauan. Selain itu, pengolahan limbah baterai juga bisa dikontrol dengan lebih baik oleh AHM agar tidak sampai mencemari lingkungan.

"Kami tidak hanya menjual motor listrik, tetapi juga memikirkan bagaimana infrastrukturnya dan juga pengolahan limbahnya. Makanya untuk saat ini sistemnya penyewaan dulu, sehingga pengolahan limbah baterainya bisa terkontrol. Kami juga bekerja sama dengan perusahaan lain yang bersertifikat untuk mengolah limbah baterai supaya tidak mencemari lingkungan. Karena umur baterai ini sekitar dua tahun," papar Thomas.

Pihak AHM saat ini sudah mulai melakukan pendekatan kepada perusahaan maupun institusi pemerintah yang tertarik menyewa Honda PCX Hybrid. Untuk biaya sewanya maksimal Rp 2 juta per bulan yang sudah termasuk biaya perawatan. Untuk lamanya penyewaannya di atas 1 tahun dengan jumlah unit yang tidak dibatasi.

"Untuk penjualan langsung ke konsumen, kami belum bisa memastikan kapan waktunya. Ini kan baru tahap awal, masih banyak hal yang ingin kita pelajari dulu," tutur Thomas.

Honda PCX Electrik menggunakan dua unit baterai lithium portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack. AHM menyiapkan dua pilihan mode pengisian daya baterai, yakni off-board charging dengan menggati dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi, atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan menggunakan alat pengisian daya khusus (on-board charging).

Karena lokasi penyewan masih difokuskan untuk wilayah Jakarta, saat ini fasilitas penggantian baterai baru tersedia di tiga lokasi di Jakarta, sementara fasilitas after sales hadir di lima lokasi di Jakarta.



Sumber: BeritaSatu.com