Honda Belum Berniat Produksi Moge di RI

Honda Belum Berniat Produksi Moge di RI
PT Astra Honda Motor (AHM) menjawab kebutuhan pencinta motor big bike dengan menghadirkan untuk kali pertama Honda CB650R di Indonesia, Sabtu (9/2). ( Foto: istimewa )
Leonard AL Cahyoputra / HK Minggu, 10 Februari 2019 | 21:54 WIB

Bandung, Beritasatu.com - PT Astra Honda Motor (AHM) belum berniat memproduksi motor gede (moge) berkapasitas mesin 500 cc ke atas di Indonesia dan lebih memilih mengimpor langsung dalam bentuk utuh (CBU).

Direktur Pemasaran AHM Shigeto Kimura mengatakan, hal itu tak lepas dari masih rendahnya penjualan moge. Pasar motor domestik didominasi produk di bawah 250 cc. Selain itu, pajak penjualan barang mewah (PPnBM) motor di atas 250 cc tidak rasional, sehingga volume penjualan sulit dipacu.

"Melihat kondisi pasar tersebut, kami belum mempersiapkan untuk memproduksi motor di atas 250 cc dan lebih baik masih dalam CBU," kata dia di Bandung, Sabtu (9/2).

Shigeto menerangkan, secara teknologi, dia mengklaim AHM mampu memproduksi moge berkapasitas mesin 500 cc. Sebab, saat ini, AHM sudah memproduksi motor berkapasitas mesin 250cc.

Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya mengatakan, pada 2018, penjualan moge Honda di Tanah Air mencapai 500 unit. Honda Rebel menjadi yang terbesar dengan porsi berkisar 60-70%, disusul CB 500X 13-15%.

Untuk sasaran pasar Moge, dia menerangkan, AHM masih fokus di kota-kota besar. Alhasil, showroom dan pelayanan moge ada di 10 kota besar Indonesia dengan 11 outlet, antara lain di Medan, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta Surabaya sampai Bali "Memang penjualan moge 90% konsumennya masih di Jawa dan Bali, terutama di Jakarta dan Jawa Barat," kata dia.

Di sisi lain, AHM menjawab kebutuhan pencinta moge dengan menghadirkan untuk kali pertama CB650R di Indonesia. Kehadiran motor berkonsep neo sport café ini ditemani penyegaran desain dan fitur terbaru jajaran moge 500 cc Honda, yaitu CB500X, CB500F, dan CBR500R. Moge terlaris di Tanah Air, CMX500 Rebel, kini juga diperkaya dengan pilihan warna terbaru.



CLOSE