Honda Genio Ditargetkan Terjual 500.000 Unit dalam Setahun

Honda Genio Ditargetkan Terjual 500.000 Unit dalam Setahun
Tampilan Skutik Honda Genio ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Jumat, 21 Juni 2019 | 15:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk memperkuat pangsa pasarnya di segmen skuter matik (skutik), PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi meluncurkan Honda Genio. Seperti halnya BeAT series, Honda Genio juga menyasar pengguna skutik pemula yang pasarnya masih sangat besar di Indonesia. Karenanya, AHM berani memasang target penjualan yang cukup tinggi untuk model ini.

"Honda Genio adalah model baru kami untuk segmen skutik kelas 110cc. Model ini lebih casual dan fashionable untuk menyasar anak-anak muda pengguna skutik pemula. Dengan kelebihan ini, kami menargetkan Honda Genio bisa terjual sekitar 500.000 unit per tahun,” kata Thomas Wijaya, di peluncuran Honda Genio, di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Thomas menyampaikan, pasar skutik pemula yang dimasuki Honda Genio merupakan pasar yang penting, serta digemari oleh beragam kalangan, terutama anak muda yang ingin tampil beda serta modis. Sejak tahun 2014 hingga 2018, penjualan skutik entry level bahkan selalu mencapai di atas 2 juta unit per tahun. Peluang inilah yang ingin diambil Honda Genio dengan menonjolkan desain casual fashionable, serta bodi yang compact.

"Di pasar skutik 110cc, ada beberapa segmen yang kita masuki. Untuk segmen pemula atau entry level ada BeAT series, medium ada Vario, kemudian yang mid-high kita punya Scoopy. Secara desain, Scoopy ini lebih unik dan retro, sementara Honda Genio masuk di pasar skutik pemula dan lebih casual fashionable. Jadi semuanya memiliki segmen pasar yang berbeda-beda,” kata Thomas.

Selain menonjolkan sisi desain, Honda Genio juga dibekali generasi terbaru mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/ jam.

"Mesin yang digunakan ini juga lebih hemat bahan bakar. Satu liter bensin bisa dipakai untuk menempuh jarak di atas 60 kilometer,” kata Thomas.

Sementara itu President Director AHM, Toshiyuki Inuma menyampaikan, Honda Genio dikembangkan sebagai produk skutik fashionable yang memiliki best value secara menyeluruh dari sisi desain, performa, fitur, maupun konsumsi bahan bakar yang irit.

"Ada tiga konsep yang membuat Honda Genio berbeda. Desainnya casual dan fashionable sesuai tren generasi muda saat ini. Ukuran bodi yang compact, cocok untuk pria maupun wanita serta kondisi jalan yang padat. Performa serta ragam fiturnya lengkap sesuai yang diharapkan konsumen," kata Toshiyuki Inuma.

Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna. Tipe CBS yang dipasarkan Rp 17,2 juta (On The Road Jakarta) tersedia dalam lima warna, yakni Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver.

Sementara itu tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 17,7 juta (On The Road Jakarta), mendapat enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial. Model ini sudah bisa dipesan di seluruh dealer resmi Honda, dan mulai dikirim ke konsumen pada awal Agustus 2019.



Sumber: BeritaSatu.com