IIMS Motobike 2019 Dorong Minat Masyarakat Terhadap Motor Listrik

IIMS Motobike 2019 Dorong Minat Masyarakat Terhadap Motor Listrik
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (ketiga dari kiri) saat membuka IIMS Motobike 2019, di Jakarta, Jumat, 29 November 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Herman )
Herman / CAH Jumat, 29 November 2019 | 15:41 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran Indonesia International Motor Show Motobike 2019 atau IIMS Motobike 2019, di Istora Senayan, Jakarta. Pameran khusus sepeda motor yang digelar Dyandra Promosindo ini berlangsung selama tiga hari mulai 29 November hingga 1 Desember 2019.

Bukan sekadar tempat untuk menampilkan sepeda motor baru dari para Agen Pemegang Merek (APM), IIMS Motobike 2019 juga banyak menghadirkan sepeda motor listrik. Ini untuk mensosialisasikan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, hingga kegiatan riding menggunakan sepeda motor listrik.

Dalam sambutannya, Agus Gumiwang berharap konsep yang dihadirkan IIMS Motobike 2019 ini bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan sepeda motor listrik. Apalagi pemerintah juga berambisi pada 2030 nanti Indonesia bisa menjadi pusat produksi kendaraan listrik untuk kawasan Asia Tenggara.

“Saya harapakan ajang IIMS Motobike ini bisa meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik. Seperti kita ketahui, selain lebih ramah lingkungan, penggunaan kendaraan listrik ini juga dalam rangka menekan defisit neraca perdagangan, di mana komponen impor migas sangat membebani neraca perdagangan kita,” kata Agus Gumiwang saat membuka IIMS Motobike 2019, di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Agus menyampaian, pada 2025 nanti, ditargetan produksi sepeda motor di Indonesia dapat mencapai 10 juta unit per tahun, di mana 20 persen dari total produksi tersebut merupakan sepeda motor listrik. Terkait pengembangan mobil listrik, pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 Tentang percepatan program kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"Pemerintah menargetkan produksi sepeda motor terus tumbuh sampai 10 juta unit per tahun pada 2025, dengan target 1 juta unit untuk pasar ekspor per tahun, dan sekitar 20% dari total produksi nasional atau 2 juta unit adalah sepeda motor listrik," kata Agus.

Sementara itu disampaian Project Director IIMS Motobike 2019, Hendra Noor Saleh, ajang IIMS Motobike 2019 merupakan rumah bagi para pemain di industri kendaraan roda dua di Indonesia untuk memamerkan berbagai produk dan juga teknologinya.

"IIMS Motobike 2019 sesungguhnya merupakan event pertama atas masukan dari teman-teman APM dan komunitas. Teman-teman dari industri roda roda ingin ada panggung sendiri untuk mereka, karena pasar sepeda motor di Indonesia sangat besar mencapai 6,5 juta unit per tahun, ditambah lagi dengan pertumbuhan brand yang saat ini sudah hampir 30 brand,” kata Hendra Noor Saleh.



Sumber: BeritaSatu.com