BMW Luncurkan Naked Bike F 900R Pesaing Yamaha MT-09

BMW Luncurkan Naked Bike F 900R Pesaing Yamaha MT-09
Sepeda motor BMW F900R bermesin 900cc diperkenalkan di Jakarta 17 Juli 2020. (Foto: Beritasatu / Elsid Srendra)
Elsid Arendra / HA Minggu, 19 Juli 2020 | 14:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Satu lagi sepeda motor premium BMW diluncurkan di Indonesia dengan paduan teknologi informasi terkini dan kemampuan jelajah jarak jauh naked bike yang akan mengantar pemiliknya menjelajah pelosok nusantara tanpa tersesat.

BMW F900R diperkenalkan Jumat (17/7/2020) lalu oleh Maxindo Moto, dengan monitor yang terkoneksi smartphone dan helm pengguna melalui Bluetooth. Monitor itu bisa dikendalikan dengan kursor di setang kiri untuk mengaktifkan navigasi, berbagi track perjalanan, mendengarkan musik dari smartphone, menerima panggilan telepon dan banyak fitur lainnya.

Namun, jangan berharap Anda bisa menulis pesan WhatsApp sambil berkendara. Itu bukan hanya konyol, tetapi juga berbahaya.

Jika Anda cukup familier dengan sepeda motor BMW, akan segera terlihat bahwa F900R adalah upgrade signifikan dari naked bike versi sebelumnya, F850GS, dengan lebih banyak perpindahan gigi, lebih bertenaga, lebih banyak torsi, lebih banyak teknologi, dan penampilan yang lebih sporty dan berkarakter.

Sepeda motor premium ini juga dirancang untuk petualangan siang malam. Teknologi pencahayaan mengadopsi adaptive cornering headlight -- reflektor lampu bergerak mengikuti arah setang sehingga meningkatkan kewaspadaan pengguna di malam hari di jalan berliku.

Diperkenalkan pertama kali pada ajang pameran otomotif Eropa November 2019, F900R memadukan teknologi kopling yang mulus dengan drag torque control untuk mengurangi efek “pukulan” pada mesin dan mencegah roda belakang selip saat mengurangi gigi secara drastis pada putaran RPM tinggi. Fitur keselamatan lainnya adalah dynamic traction control yang dibutuhkan saat menyalip kendaraan lain atau mendaki jalanan berbukit dan dynamic brake control serta anti-lock braking system untuk pengereman lebih stabil dalam kecepatan tinggi.

Label smart bike pada motor ini tercermin pada setang kiri, yang bukan lagi soal urusan kopling, lampu dan klakson seperti di “motor tradisional”.

Selain menjadi penghubung antara ponsel dan helm dengan monitor sepeda motor, pada setang kiri juga terdapat fitur untuk memilih mode berkendara yang dibutuhkan: rain (kondisi hujan), road (jelajah normal), dynamic (mengendara lebih agresif) dan dynamic pro (agresif).

F900R mengusung mesin 895 cc, parallel twin inline 2 DOHC 8 katup, dengan torsi mencapai 92 Nm. Spesifikasi itu menempatkannya di antara pesaing berikut ini: Triumph Street Triple R, Ducati Monster 821, Aprilia Shiver 900, Kawasaki Z900 dan Yamaha MT-09. Yang terakhir ini lebih dulu hadir di Indonesia, tetapi belum ada varian terbaru hingga sekarang.

Aksesoris sepeda motor ini juga disiapkan untuk penjelajah jarak jauh, dengan softcase side bag untuk barang-barang pribadi dan tank bag untuk cadangan bahan bakar jika menembus wilayah terpencil di mana BBM oktan tinggi susah didapat.

Khusus warna Racing Red, tersedia rear seat cover yang akan menyuap motor ini menjadi tipe single-seater dan menambah ruang kargo. BMW F900R di Indonesia tersedia dalam varian warna hitam, silver/merah, dan biru.

Harganya Rp 380 juta dan masih off-the-road di Jakarta. Jelas tidak murah, tetapi bukan yang termahal di kelasnya. Pilihan tepat bagi eksekutif muda yang ingin terlihat beda dari khalayak, dengan identitas elegan, reliability, kualitas dan harga diri yang tercermin dalam logo BMW.



Sumber: BeritaSatu.com