Jejak @TrioMacan2000 Menguangkan Kicauan

Jejak @TrioMacan2000 Menguangkan Kicauan
Raden Nuh dan Abdul Rasyid, dua pentolan admin akun @TrioMacan2000 ( Foto: Istimewa )
Ulin Yusron Rabu, 14 November 2012 | 16:16 WIB

@TrioMacan2000 aktif melakukan marketing. Ada cerita sukses ada cerita gagal.

TrioMacan2000 punya banyak klien. Dari sanalah akun yang dioperasikan banyak orang ini menghasilkan uang. Selain berusaha menjual data ke sebuah media, TrioMacan2000 juga aktif mencari klien. 
Salah satu yang didekati TrioMacan2000 adalah terpidana kasus cek pelawat (traveller cheque). Kerabat dekat dari terpidana itu bercerita kepada Beritasatu.com mengenai upaya pendekatan TrioMacan2000. Mereka menawarkan paket-paket kicauan untuk membela. "Mereka bikin beberapa paket kicauan. Satu paket sekitar Rp500 Juta," kata kerabat yang enggan disebutkan namanya, awal pekan ini.

Keluarga besar tersangka korupsi cek palawat ini awalnya masih menduga-duga siapa jaringan yang akan dipakai. Namun setelah beberapa kali komunikasi, keluarga ini baru menyadari kalau orang yang selama ini berhubungan dengannya adalah kaki tangan TrioMacan2000. "Apa yang saya ceritakan sehari sebelumnya langsung ditwit besoknya. Misalnya baju yang akan dipakai keluarga kami di sidang besok batik, besoknya TrioMacan2000 ngetweet hal yang sama," kata si sumber.

Orang yang berhubungan dengan pihak keluarga terpidana itu, diduga kuat adalah semacam account executive TrioMacan2000. Upaya marketing TrioMacan2000 yang membela salah satu tersangka kasus cek pelawat masih bisa dilacak di tapak waktu.

Upaya marketing TrioMacan2000 yang berakhir kegagalan itu juga tercetak dalam sebuah cerita lainnya. Salah seorang petinggi Partai Nasional Demokrat bertutur kalau TrioMacan2000 sempat menghubungi salah seorang petinggi Nasdem. Akun ini menawarkan jasa pencitraan melalui sosial media. Namun Partai Nasdem menganggap sepi tawaran itu. "Gagal mendapatkan ikan kakap, maka TrioMacan2000 menyerang Nasdem," kata lingkaran satu Partai Nasdem.

Serangkaian upaya menguangkan kicauan ini sedikit bertentangan dengan kicauan TrioMacan2000 sendiri. Saat kemunculan situs www.triomacan2000.net yang dilaporkan Abdul Rasyid ke Polda Metro Jaya, TrioMacan2000 sempat membuat kultwit yang isinya menegaskan visi misinya.

"Kami pastikan, admin TM2000 tidak akan ceroboh tampil ke publik atau bahkan melakukan interaksi dgn pihak2 tertentu dgn maksud jelek. Apalagi admin TM2000 dikatakan memeras, mengancam atau pun meminta sesuatu dari orang2/pihak2 tertentu. Itu bohong besar. Fitnah. Jika ada orang2 yg mengaku admin TM2000 dan lakukan ancaman, pemerasan atau tindakan melanggar hukum lainnya, tangkap saja. Gebukin!," tulis TrioMacan2000 pada 24 September 2012.

Dalam kultwit yang sama TrioMacan juga membantah ada kaitan dengan Raden Nuh, Abdul Rasyid dan Syahganda Nainggolan. "Kami jg tidak ada hub & kaitannya dgn Syahganda Nainggolan, Abdul Rasyid, Raden Nuh, Adrianto dll yg sering disebut2 sbg admin TM2000," tulis TrioMacan2000.

Semua berpulang kembali pada penduduk twitter (tweeps). Silahkan nilai sendiri kecocokan antara kultiwit dan serangkaian aktivitas marketing menguangkan kultwit.