Sundari Soekotjo Tidak Ingin Anak Ikuti Jejaknya

Sundari Soekotjo Tidak Ingin Anak Ikuti Jejaknya
Ketua Yayasan Keroncong Indonesia (YAKIN) Sundari Soekotjo menyanyi usai memberi konferensi pers Keroncong Week di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, 1 April 2015. ( Foto: Beritasatu.com/Danung Arifin )
Kharina Triananda Rabu, 1 April 2015 | 19:39 WIB

Jakarta - Penyanyi keroncong, Sundari Soekotjo, mengaku pada awalnya tidak ingin anaknya menjadi penyanyi seperti dirinya. Menurutnya, berprofesi sebagai penyanyi tidaklah mudah, ada konsekuensi dan tanggung jawab dibaliknya.

Namun, pada kenyataannya anak semata wayangnya, Putri Intan Permata, justru mengikuti jejaknya saat ini. Intan sudah aktif bernyanyi pop keroncong dengan nama Intan Soekotjo.

"Tanggung jawab sebagai seorang penyanyi tidaklah mudah. Jadi, saya pernah mengatakan sebaiknya jangan jadi penyanyi, tapi dia tetap ingin," ungkap Sundari, di Jakarta, Rabu (1/4).

Dikatakan Sundari, ketertarikan Intan akan musik keroncong sudah terbangun sejak kecil karena terbiasa mendengarkannya. Namun, Sundari cukup tegas kepada Intan sebelum ia mendalami profesinya sebagai penyanyi yang beraliran pop keroncong.

"Saya tegaskan ia harus selesaikan sekolahnya dulu. Kemudian, jangan mengandalkan nama ibumu. Carilah guru sendiri," tandasnya.

Sundari juga berpesan agar Intan konsisten dengan aliran yang ia pilih, yakni pop keroncong, walaupun ia bisa bernyanyi dengan genre musik lain. Dengan begitu, ia bisa membantu melestarikan musik asli Indonesia tersebut.

"Tapi, bagaimanapun juga saya sangat mengapresiasinya karena telah memiliki niat untuk melestarikan musik keroncong," kata Sundari.