Para Pekerja Seni Peduli Bencana Lewat Konser

Para Pekerja Seni Peduli Bencana  Lewat Konser
Konser Pekerja Seni ( Foto: istimewa / istimewa )
Chairul Fikri / IDS Senin, 7 Januari 2019 | 09:00 WIB

Jakarta - Puluhan seniman dari Pekerja Event Indonesia (PEI), Ikatan Manajer Artis Indonesia (Imarindo) dan Persatuan Seniman Komedi Indonesia (Paski) ikut ambil bagian dalam konser amal bagi para korban bencana alam di Indonesia bertajuk “Pekerja Seni Peduli, Konser Galang Dana untuk Korban Bencana Indonesia" yang diselenggarakan di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (6/1).

Nanda Persada selaku Ketua Umum Imarindo menjelaskan bahwa tujuan mereka menggelar konser itu adalah sebagai wujud simpati atas banyaknya musibah yang belakangan ini terjadi di Indonesia.

"Konser ini adalah bentuk kepedulian kami sebagai seniman baik itu musik maupun komedi terhadap musibah yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia. Dan konser dengan konser ini kami juga mengetuk hati rekan-rekan kita untuk membantu sesama," ungkap Nanda di sela-sela acara.

Senada dengan Nanda, komedian Jarwo Kwat yang mewakili Paski menyatakan bahwa keikutsertaan mereka dalam konser ini merupakan bentuk kepedulian para seniman terhadap nasib masyarakat yang menjadi korban musibah dan kini tinggal di pengungsian.

"Paski dalam acara ini memang ikut serta karena kita sebagai seniman juga peduli dengan nasib saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah. Kami tak ingin dicap sebagai organisasi yang cuma bisa ketawa dan suka-suka saja. Kami berharap apa yang kami lakukan dengan menghibur penonton konser yang datang akan bisa membuat mereka mengulurkan bantuannya bagi para korban bencana yang ada. Dan seperti kita ketahui dalam musibah tsunami yang terjadi di Selat Sunda beberapa waktu lalu ada saudara kita Ade Jigo dan Aa Jimmy serta grup band Seventeen yang ikut jadi korban. Kami berharap apa yang kami berikan ini akan mampu meringankan sedikit duka para korban yang kini tengah menderita di beberapa lokasi pengungsian," tuturnya.

Konser Peduli Pekerja Seni yang mereka selenggarakan ini juga mereka jadikan momentum membangun kerja sama yang solid antara sesama pekerja seni, juga menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama. Tak hanya itu, Nanda juga menegaskan bahwa dalam konser ini mereka juga berusaha menyuarakan jaminan keselamatan kerja bagi para pekerja seni ketika sedang menjalankan pekerjaan.

"Sebenarnya ada banyak masalah yang harus dipikirkan, seperti masalah keselamatan kerja para pekerja seni yang tengah mengisi acara. Misalnya letak panggung yang tidak di pinggir laut atau mereka yang juga ikut jadi korban musibah saat tengah mengisi acara. Ini harus disuarakan bagaimana keselamatan mereka dan bantuan apa yang mereka harus terima ketika mereka juga terkena musibah seperti yang dialami teman-teman Seventeen, Ade Jigo dan Aa Jimmy. Buat kami ini penting ke depannya untuk disuarakan dan dibahas. Kami enggak mau lagi ada rekan kami yang sudah menjadi korban musibah bencana tapi nasib mereka tidak diperhatikan oleh masyarakat, penyelenggara acara dan pemerintah," paparnya.

Dalam konser tersebut, sejumlah musisi seperti Vina Panduwinata, Anji, OM PMR, Jarwo Kwat, Narji, Juliana Moechtar, Sandy Canester, Siti Liza, Drive, Trisouls, dan Pentaboyz berhasil mengmupulkan donasi sebesar Rp 25,5 juta. Angka ini masih belum digabung dengan saldo donasi yang disalurkan melalui Palang Merah Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com