Tribute to Dian Pramana Poetra Kumpulkan Rp 100 Juta

Tribute to Dian Pramana Poetra Kumpulkan Rp 100 Juta
Suasana haru menyelimuti penutupan konser di Tribute to Dian Pramana Poetra, di Vanue of The Star Lippo Mall Village Kemang, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Januari 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / CAH Kamis, 10 Januari 2019 | 11:33 WIB

Jakarta - Puluhan artis dan musisi Tanah Air menggelar konser tribute kepada mendiang musisi legendaris, Dian Pramana Poetra. Konser yang digelar di Venue of The Star Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, pada Kamis (9/1) mampu mengumpulkan sumbangan sebanyak Rp 100 juta yang nantinya akan disumbangkan kepada keluarga mendiang.

Pengamat musik, sekaligus pembawa acara dalam konser Tribute to Dian Pramana Poetra, Bens Leo menjelaskan, konser ini berawal ketika dirinya dan teman musisi lain seperti, Donny Hardono dan Deddy Dhukun menjenguk Dian saat terbaring di rumah sakit.

Saat itulah sahabat musisi berpikir untuk membuat konser amal untuk membantu Dian yang sedang sakit. Namun, waktu berkata lain, dan Dian Pramana Poetra harus lebih dahulu dipanggil Tuhan pada 27 Desember 2018 di umur 57 tahun.

Bens pun menyebut, konser ini mendapat dukungan dari puluhan musisi untuk menyumbangkan suara di malam itu. Sebut saja, Addie MS x Memes, Amir Roze, Deddy Dhukun, Dwiki Dharmawan, Doddy Katamsi, Elfa's Singers, Egon Rela Eka, Fryda Lucyana, , Ita Purnamasari, Katiga, Irianti Erningpraja, Mus Mujiono, Oddie Agam, Otty Jamalus & Yance Manusama, Raidy Noor, Ratu Ria, Ricad Hutapea, Syaharani, The Kadrijimmo feat. Nina Tamam, Trie Utami & Dian HP (Kumari), Vina Panduwinata, Yuni Shara, Yopi Latul dan Zeno.

Konser yang disaksikan langsung oleh ratusan orang itu telah dimulai sejak pukul 18.30 WIB. Para musisi yang hadir pun menyanyikan lagu-lagu hits yang mediang ciptakan. Seperti saat Addie MS dan istrinya Memes berduet di atas panggung bersama KATIGA (Evie Ayu, Julian dan Nakumi) menyanyikan lagu Aku Ini Punya Siapa ciptaan Dian dan Deddy Dhukun.

Penonton yang mayoritas adalah kalangan penggemar lagu lawas pun turut mengiringi suara merdu Memes dan KATIGA dengan suara lantang. Alunan musik yang dimainkan oleh Addie MS pun terdengar indah.

Usai memainkan satu lagu, Bens Leo pun langsung menyodorkan mic kepada Addie MS untuk mengatakan satu dua patah kata. Melihat suasana yang semakin ramai, Addie pun langsung mengatakan kepada penonton, bahwa betapa dicintainya sosok Dian Pramana Poetra oleh masyarakat Indonesia, karena karyanya yang luar biasa dan memberikan kontribusi besar di industri musik tanah air.

“Karya Dian ini bikin orang kesem-sem, nembak, dan jadian sama pacarnya. Bahkan, saat beliau sudah tidak ada di samping kita, karyanya masih bisa membuat kita bahagia dan berkumpul bersama menyanyikan lagu sama-sama. Ini semua karena beliau,” terangnya di atas panggung Venue of The Star Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, pada Kamis (9/1).

Untuk itu, dirinya hadir untuk mengucapkan terima kasih kepada Dian atas apa yang telah ia berikan kepada para musisi dan juga penikmat musik. Selain itu, menurutnya memberikan donasi dan bantuan kepada pihak keluarga adalah salah satu cara berterima kasih pada musisi legendaris itu.

“Donasi ini spontanitas untuk membantu keluarga. Jadi persahabatan sesama seniman ini bagus saling tolong menolong, seniman yang sudah tidak ada kita bisa bantu keluarga yang ditinggalkan. Bagus ini kita bisa saling spontan telah membantu. Semoga bisa tertular kegiatan baik ini kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Tidak lama selang Addie MS dan Memes turun dari panggung, penyanyi kondang Yuni Shara pun juga terlihat bersiap menyanyikan sebuah lagu ciptaan Dian dan Deddy, yang bertajuk Oh Ya. Sebelum turun panggung, dirinya pun meminta para penonton untuk menyumbang dan meminta doa agar mendiang Dian.

“Saya kenal Dian sejak saya kecil, karena mamah beliau jadi coach saya menyanyi. Mas Dian sendiri adalah sosok musisi yang karyanya itu bagus-bagus dan enak didengar, bahkan sampai sekarang,” terangnya saat dijumpai SP.

Diketahui, Yuni Shara adalah salah satu penyanyi yang mendapatkan lagu cukup banyak dari Dian, seperti Oh Ya, Aku Ini Punya Siapa, Jadi Bingung.

Setelah Yuni, barulah salah satu diva Indonesia, Vina Panduwinata turut menyumbangkan suaranya. Sebelumnya, Bens Leo mengatakan, jika Vina adalah salah satu orang yang menemui mendiang beberapa jam sebelum akhirnya wafat.

“Beberapa jam sebelum meninggal.ketemu Dian di rumah sakit, sudah waktu larut malam. Saya komunikasi sebelum Iyan tianggalkan kita semua. Almarhum adalah orang yg luar biasa, orangnya senang bercanda, asik dan punya rasa kasih sayang pada teman-temannya. Itu luar biasa,” kenangnya sambil meneteskan air mata.

Vina pun meminta semua orang untuk menyanyi bersama lewat lagu, Biru. “Hari ini kita kumpul untuk Dina, saya ingin bernyanyi dengan semua, semua nyanyi bersama saya,” ungkapnya.

Sebagai penutupan konser tersebut, semua musisi yang telah menyumbangkan suara naik ke atas panggung dan bernyanyi secara bersama. Haru tangis pun mewarnai, terlebih saat suara mendiang Dian mengalun merdu menyanyikan satu reff Masih Ada



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE