Puncak Jazz Festival Bawa Misi Budaya dan Edukasi

Puncak Jazz Festival Bawa Misi Budaya dan Edukasi
Puncak Jazz Festival 2019 menggelar roadshow perdana di Pesona Alam Resort Cisarua, Jawa Barat, Sabtu, 27 Juli 2019. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Minggu, 28 Juli 2019 | 21:23 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Sebuah festival musik jazz berkelas internasional telah lahir, dan mulai mewarnai event-event musik besar di Tanah Air. Bertajuk "Puncak Jazz Festival" (PJF) 2019, event musik ini diharapkan akan menggabungkan edukasi dan entertainment dalam wujud sebuah event musik. Event Puncak Jazz Festival 2019 ini sendiri telah selesai menggelar roadshow perdana di Pesona Alam Resort Cisarua, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2019) malam.

PJF tak hanya menyajikan musik bergenre jazz, tetapi juga menyuguhkan kolaborasi dengan berbagai genre musik. Bahkan juga memberi ruang pada musik tradisional untuk mengangkat dan memperkenalkan musik asli Tanah Air kepada dunia internasional. 

"Roadshow pertama PJF ini di Pesona Alam Resort Cisarua telah selesai digelar semalam. Konsepnya di outdoor, di dalam hutan pinus. Menarik sekali untuk para penikmat musik yang senang dengan situasi alam yang asri. Dalam pertunjukan semalam kita tak hanya menyajikan genre musik jazz saja, kami juga kombinasikan dengan banyak musik tradisional dan juga genre lainnya. Walaupun labelnya ini internasional, tapi kami ingin juga mengangkat elemen musik tradisional. Semalam sudah sukses digelar dan sangat memukau penonton yang hadir," ungkap Marcelia Lesar,  CEO PJF, Minggu (28/7/2019).

Marcelia sendiri menjelaskan event PJF punya perbedaan yang mencolok dengan ajang musik jazz berkelas internasional lainnya yang ada di Tanah Air. "Yang membedakan PJF dengan festival jazz lainnya adalah di roadshow itu. Karena kami mau memperkenalkan musik jazz, dan mengedukasi masyarakat terhadap musik jazz ini. Kita ada sosialisasi, edukasi, jadi bukan hanya lewat online tapi turun juga secara offline ke komunitas-komunitas jazz yang ada di Jawa Barat,' tambahnya.

Event PJF ini pun diupayakan menjadi sebuah wadah yang dapat menjembatani komunitas musik dan budaya, di dalam dan luar negeri. Bahkan PJF ini dikemas untuk menjadi satu wadah bagi pemberdayaan UKM di Jawa Barat, dan juga sebagai upaya untuk mengangkat potensi-potensi wisata Puncak dan sekitarnya.

"Di PJF ini ada banyak ruang untuk UKM dan pengrajin lokal untuk menjual berbagai bentuk produk kerajinan. Ini tentunya bagus untuk mengangkat perekonomian. Jelang event PJF 2020 mendatang kita akan rutin kunjungi komunitas-komunitas jazz di Jawa Barat, kemarin di Bogor. Akan ada roadshow setiap bulan. Ada beberapa titik kita adakan roadshow, target kita ada 25 titik, roadshow dari mulai Bogor sampai Bandung, sampai acara puncak PJF tahun depan," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com