Ramah Lingkungan dan Berkelas, Kemenpar Puji Kesuksesan Forestra 2019

Ramah Lingkungan dan Berkelas, Kemenpar Puji Kesuksesan Forestra 2019
Forest Orchestra 2019 di Cikole, Jawa Barat ( Foto: Kementerian Pariwisata (Kemenpar) )
Winda Ayu Larasati / WIN Selasa, 1 Oktober 2019 | 10:59 WIB

Lembang, Beritasatu.com - Acara Forest Orchestra (Forestra) yang dihadiri oleh penyanyi Once Mekel, Isyana Sarasvati dan musisi Erwin Gutawa mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Acara yang didukung oleh Kemenpar tersebut dikemas luar biasa, selain menggelar acara musik, Forestra 2019 juga mengkampanyekan ramah lingkungan serta berdoa bersama aagar tidak kembali terjadi kebakaran hutan di Indonesia. Sebab, hutan harus dilestarikan, seiring dengan spirit pariwisata Indonesia dalam Sustainable Tourism Development.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Publikasi dan Meda Don Kardono mengapresiasi acara yang digelar di Orchid Forest Cikole, Lembang, Jawa Barat pada Sabtu (28/9/2019) itu.

"Melalui Forestra 2019, ada pesan untuk cinta lingkungan, cinta hutan, dan cinta Indonesia. Forestra 2019 juga membuktikan bahwa ribuan anak-anak muda, sangat tertib mengikuti konser di tengah hutan pinus ini. Mereka begitu menikmati hutan dan sekaligus musik,” kata Don pada Minggu (29/9/2019).

Acara tersebut dibuka oleh Overtune 2004 Salute to Koes Plus Bersaudara dengan memainkan gesekan violin dan celo yang mendominasi melodi yang membuat orang terdiam beberapa saat.

Uniknya, konsep dan desain panggung berukuran besar tersebut didesain ramah lingkungan oleh Jay Subiyakto.

"Tidak ada background plastik atau apapun yang mengancam kelestarian alam. Hanya paranet yang berwarna hijau sebagai bantalan video mapping. Sebagai seorang film director, penata artistik sekaligus stage designer, Jay Subiakto memang membuat Forestra 2019 makin berkelas. Nyaris tanpa cela. Semua tampil cantik," puji Don.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya juga tidak berhenti menebarkan senyum. Ia mengaku puas dengan kemasan acara. Menurutnya, Orchid Forest semakin profesional menggelar event bernuansa musik dan millennials market.

"Forest 2019 menjadi salah satu event terbaik di Jawa Barat. Saya berharap ke depan lebih banyak event seperti ini dan menjadi atraksi unggulan Jawa Barat. Ini keren dan potensial untuk menarik wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara," kata Arief.



Sumber: BeritaSatu.com